Indonesia Positif

Dosen UWG Malang Menangkan Pendanaan Program Pemberdayaan Masyarakat - UKM Indonesia Bangkit 2020

Rabu, 16 September 2020 - 11:59 | 60.72k
Ketua LPPM UWG, Ir. Gigih Priyandoko, MT.,PhD. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Ketua LPPM UWG, Ir. Gigih Priyandoko, MT.,PhD. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dua dosen UWG Malang sumbang prestasi Jatim pada program pemberdayaan masyarakat UKM Indonesia Bangkit 2020. 

Kabar baik ini sebenarnya sudah tersurat dalam undangan mengikuti video conference meeting Pengumuman Pemenang Pendanaan Program Pemberdayaan Masyarakat - UKM Indonesia Bangkit Tahun 2020 tertanggal 10 September 2020 dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dalam lampiran undangan, tersebut dua nama dosen Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang dari Fakultas Teknik yang dipimpin Istiadi, ST, MT. Keduanya adalah Purbo Suwandono, ST, MT dan Aviv Yuniar Rahman, SKom, MKom.

Yang tersurat dalam undangan tersebut menjadi semakin jelas setelah acara yang digelar secara daring pada Senin 14 Seprember 2020 berlangsung hingga akhir. Menteri Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Bambang Brodjonegoro secara langsung menyampaikan bahwa dari 32 nominator yang diundang untuk melakukan presentasi pada hari itu, 29 diantaranya dinyatakan berhasil dan ditetapkan sebagai pemenang penerima dana Program Pemberdayaan Masyarakat- UKM Indonesia Bangkit Tahun 2020.

Dalam waktu singkat 3.716 proposal masuk dan seleksi administrasi menyisakan 1.068 judul yang akan dIreview secara substansi satu dan dua. Hasilnya, 50 judul menjadi unggulan. Seleksi tahap akhir menyisakan 29 judul sebagai pemenangnya. 

Bambang Brodjonegoro berharap agar dunia pendidikan tinggi melalui kiprah para dosennya tergerak untuk mengangkat UKM yang terdampak Covid-19 dengan mengembangkan UKM menengah melalui sentuhan teknologi dan teknologi digital, setelah menjelaskan skema dan target UKM Indonesia Bangkit Tahun 2020.

Prestasi yang diperoleh dosen muda Fakultas Teknik ini, memang patut disyukuri karena keduanya menjadi kontribrutor dalam raihan prestasi LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur dalam ajang bergensi yang baru pertama kali digelar sebagai upaya untuk mengangkat UKM yang terdampak Covid-19. “Saya mendapat ucapan selamat dari banyak pihak, karena dua proposal UWG menjadi penyumbang prestasi Jawa Timur karena berhasil meraih pendanaan terbesar diantara 15 LLDIKTI seluruh Indonesia,” kata ketua LPPM UWG Ir. Gigih Priyandoko, MT, PhD yang mendampingi Purbo dan Aviv menghadiri acara bermedia daring tersebut.

Turut hadir pula dalam acara tersebut melalui media YouTube, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UWG Ir. Elik Murni Ningtias Ningsih, MP.

Aviv, yang Ketua Program Studi Teknik Informatika, saat ditanya apa yang dirasakan saat mendapat kabar menggembirakan tersebut, menjawab singkat dengan mengutip sepenggal ayat  dalam Surah Ar-Rahman “Nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan,” sebagai pengingat rasa syukur kepada Allah SWT.

Senada dengan Aviv, Purbo, dosen lajang Program Studi Teknik Mesin UWG Malang berucap singkat saat diminta komentarnya. “Saya ada di urutan kelima. Beberapa saingan saya sudah sangat berpengalaman mengikuti ajang seperti ini, diantaranya bahkan reviewer tingkat nasional. Alhamdulillah, saya menjadi salah satu pemenangnya,” ujarnya. Ketenangannya saat presentasi dan keyakinan akan rancangannya membuat Purbo tidak merasakan adanya ketegangan dan pertanyaan yang menyulitkannya saat melakukan presentasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES