Indonesia Positif

Wujudkan Rekam Medis Digital, RSUD dr Iskak Tulungagung Gandeng STIKI Malang

Rabu, 16 September 2020 - 09:19 | 90.40k
(FOTO: AJP TIMES Indonesia)
(FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGRSUD dr. Iskak Tulungagung menggandeng STIKI Malang dalam pengembangan sistem informasi Rumah Sakit online yang didalamnya rekam medis pasien dan segala data administrasi lainnya.

Diketahui, Perkembangan teknologi dewasa ini memang semakin pesat dan juga semakin bisa diterapkan di berbagai lini. Salah satunya dengan digitalisasi rekam medis pasien yang ada di rumah sakit. Tidak hanya memudahkan, digitalisasi ini nantinya digadang-gadang bisa lebih menghemat penggunaan kertas untuk melakukan pencatatan rekam medis pasien. Maka tak salah jika RSUD dr Iskak Tulungagung mengajak STIKI Malang untuk mewujudkan digitalisasi rekam medis.

Adnan Zulkarnain, S.Kom., M.M.S.I., dosen STIKI Malang menjelaskan saat ini rekam medis pasien dan administrasi saja data hardfile nya makan tempat 3 ruangan sendiri. "Dengan digitalisasi ini tentu nanti bisa sangat efisien sekali dan hemat kertas,” tegas Adnan yang juga project manager dalam program ini.

Saat ini, pembuatan sistem informasi sedang dilakukan oleh tim development yang beranggotakan 7 orang mahasiswa dan satu dosen STIKI sekaligus Lead Development, Bagus Kristomoyo, S.Kom., M.MT. Meskipun proyek ini baru direncanakan awal tahun 2020, namun Adnan sendiri menambahkan pihaknya sudah siap 100%.

“Kami siap selalu 100% untuk pengerjaan ini. Selain itu kerjasama kami juga meliputi bidang lain seperti penelitian, magang kerja bagi mahasiswa, pengabdian masyarakat yang kerjasamanya berlangsung selama 5 tahun kedepan,” imbuhnya.

STIKI Malang sendiri juga sudah bekerjasama dengan dengan berbagai instansi baik pemerintahan maupun non pemerintahan untuk mengembangkan sistem informasi, penelitian, pengabdian masyarakat, dan berbagai kegiatan tri dharma perguruan tinggi lainnya. Seperti kerjasama yang telah dilakukan STIKI Malang dengan Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kabupaten Malang, Digiponic dan banyak lagi kerjasama lain yang sudah dikembangkan sebelumnya.

Kedepannya STIKI Malang akan berupaya untuk memperluas kerjasama ke segala lini masyarakat untuk mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi. Selain itu hal seperti ini juga merupakan upaya STIKI Malang untuk memberikan pengalaman bagi para mahasiswa agar memiliki pengalaman terjun langsung ke lingkungan sosial dan masyarakat luas untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama berkuliah di STIKI Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES