Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Tanpa Gejala, Warga Positif Covid-19 ke 100 di Kota Madiun Isolasi Mandiri

Rabu, 16 September 2020 - 09:14 | 207.65k
Ilustrasi Covid-19. (halodoc)
Ilustrasi Covid-19. (halodoc)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, MADIUN – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Madiun, Jawa Timur sudah melewati angka 100 orang. Total hingga saat ini, ada 102 warga yang positif Covid-19 berdasar hasil tes swab.  Sebagian besar penularan masih terjadi pada kontak erat dan pelaku perjalanan.

Seperti tiga temuan kasus konfirmasi terakhir, dua orang di antaranya berstatus sebagai kontak erat dengan kasus sebelumnya. Keduanya juga menjalani isolasi mandiri karena kondisi relatif masih baik.

Covid-Madiun.jpgUpdate data penyebaran Covid-19 di Kota Madiun. (Grafis: Diskominfo Kota Madiun/TIMESIndonesia) 

Berdasar update data dari Pemkot Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, kasus konfirmasi Covid-19 ke 100 adalah pria berusia 30 tahun warga Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo.

Yang bersangkutan adalah kontak erat dari pasien ke 90 dan 97. Tidak disebutkan secara detail hubungan  kekerabatan ketiganya. Saat tracing, pria tersebut menjalani rapid test dengan hasil non reaktif. Lantaran kontak erat dia tetap menjalani tes swab.

Ternyata berdasar hasil tes swab, yang bersangkutan positif Covid-19. Karena tidak ada keluhan dan gejala, kasus konfirmasi positif ke 100 tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah. 

Kontak erat lainnya yang masuk daftar temuan kasus konfirmasi positif Covid-19 adalah pria usia 71 tahun warga  Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo. Yang bersangkutan merupakan kontak erat dari kasus ke 92 dan 93 yang berstatus ibu dan anak.

Covid-Madiun-2.jpg

Lansia tersebut sempat mengeluh demam dan batuk walaupun kondisi sekarang sudah tidak ada keluhan. Dia menjalani tes swab setelah temuan kasus konfirmasi ke 92 dan hasilnya positif Covid-19. Yang bersangkutan saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sementara kasus konfirmasi ke 102 adalah tenaga kesehatan (nakes) di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19. Sebelumnya yang bersangkutan mengeluh demam dan sesak nafas kemudian rawat inap di rumah sakit.

Untuk memastikan kondisi kesehatannya, perempuan usia 35 tahun tersebut menjalani tes swab dan hasilnya positif Covid-19. Saat ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan.

Diketahui, Kota Madiun pada 20 Juni 2020 ditetapkan sebagai zona hijau hanya dengan 7 kasus temuan positif Covid-19. Hingga 15 September 2020, jumlah warga terkonfirmasi positif bertambah 95 kasus dalam kurun waktu tiga bulan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES