Peristiwa Daerah

Eksvakasi Situs Sumberbeji Jombang akan Dilanjutkan Kembali

Rabu, 16 September 2020 - 08:42 | 66.16k
Situs Sumberbeji di Dusun Sumberbeji, Kesamben, Ngoro, Jombang. (foto: Rohmadi/TIMES Indonedia)
Situs Sumberbeji di Dusun Sumberbeji, Kesamben, Ngoro, Jombang. (foto: Rohmadi/TIMES Indonedia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur akan kembali mengerjakan eskvakasi Situs Sumberbeji di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

Wicaksono Dwi Nugroho, arkeolog BPCB Jawa Timur, yang juga menjadi ketua eksvakasi situs petirtaan Sumberbeji mengatakan, eksvakasi tahap kedua akan segera dilaksanakan bulan depan.

"Pihak kami dari BPCB Jawa Timur sudah berkoordinasi dengaj pihak Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Timur, proses eksvakasi tahap kedua akan segera kami dilaksanakan," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Rabu (16/9/2020).

Proses eksvakasi tahap dua ini direncanakan Oktober bulan depan, namun untuk tanggal tepatnya masih menyesuaikan.

Situs-Sumberbeji-2.jpg

Dalam tahap kedua nantinya akan fokus pada pembenahan saluran pembuangan air, dimana saat ini masih ada air yang menggenang lokasi situs.

"Fokus pertama akan dilakukan pembenahan saluran pembuangan. Selanjutnya kemungkinan proses eksvakasi perluas area penggalian situs," jelasnya.

Sementara itu, untuk penyiapan anggaran ekskavasi situs petirtaan Sumberbeji disiapkan anggaran senilai Rp 200 juta.

Sebelumnya BPCB Jatim sudah melakukan pada 8-18 September 2019. Beberapa bagian bentuk bangunan juga sudah mulai terlihat jelas. Pengukuruan yang dilakukan oleh tim BPCB Jatim, bangunan kuno bersejarah ini memiliki luas 18 x 20 meter.

"Sementara di tengah bangunan terdapat bangunan persegi, yang masing-masing ukuran sisinya 3,8 meter," bebernya

Proses eksavasi pertama, beberapa arca jaladwara sudah ditemukan dan saat ini disimpan BPCB Jawa Timur, termasuk arca kepala naga dan arca burung garuda

Kemudian ditemukan kembali, empat arca jaladwara berkepala garuda, serta temuan diduga tengkorak manusia Hingga kini total sudah ada 11 arca jaladwara yang ditemukan selama penggalian atau ekskavasi Situs Sumberbeji tahap satu dan dua, serta kerangka yang diduga tengkorak manusia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES