Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Hasil Tes Swab dari Dua RS Berbeda, Anggota DPRD Ponorogo Jalani Pemeriksaan Ulang

Rabu, 16 September 2020 - 07:22 | 103.21k
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Perbedaan hasil tes swab Laborarorium Mikrobiologi Klinik RSUD dr Ishak Tulungagung dan RSUD dr Sutomo Surabaya  terhadap anggota DPRD Ponorogo memunculkan tanda tanya di kalangan masyarakat Ponorogo, Jawa timur.  Bahkan ada salah satu warga yang melaporkan hasil beda tersebut ke pihak kepolisian.

Hasil swab yang berbeda tersebut juga diakui Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. "Hasil swab dari dua rumah sakit tersebut semuanya benar dan sah," ucapnya kepada TIMES Indonesia Selasa (15/9/2020) malam.

Secara kronologis Bupati Ipong menceritakan adanya perbedaan hasil swab tersebut yang bermula dari seorang anggota DPRD Ponorogo yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 yaitu pasien nomor 301.

Berawal dari pasien yang terkonfirmasi tersebut, Bupati Ipong memutuskan  untuk dilakukan tracking, menutup kantor DPRD dan isolasi seluruh anggota DPRD beserta stafnya. "Dari hasil tracking di lingkungan kantor DPRD Ponorogo ditemukan 28 orang yang mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien," sebut Ipong.

Kata Bupati Ipong, telah dilakukan swab 2 kali, swab pertama dilakukan kepada 10 orang di RSUD dr Ishak Tulungagung dan swab kedua 28 orang di RSUD dr Sutomo Surabaya (termasuk 10 orang yang yang di swab sebelumnya).

"Karena waktu itu saya akan rapat dengan 10 orang, saya meminta kepada dinkes untuk men-swab 10 orang terlebih dahulu, maka dilakukan swab di rumah sakit Tulungagung, setelah itu saya juga meminta di-swab lagi kepada 28 orang termasuk yang 10 orang tadi untuk dikirim ke RSUD dr Sutomo Surabaya," jelas Ipong.

Dari hasil swab tersebut, Bupati membenarkan hasil tes swab RSUD dr Ishak Tulungagung 9 orang dinyatakan positif dan juga membenarkan hasil lab dari RSUD dr Sutomo Surabaya yang menyatakan semua negatif. 

"Hasil lab dari Surabaya itu juga sah, untuk menepis keraguan yang timbul di masyarakat, saya putuskan  dilakukan tes swab lagi besok dan swab ketiga juga akan kirim ke Tulungagung juga," kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES