Kesehatan

Wah, Mangga Dapat Lawan Kegemukan

Rabu, 16 September 2020 - 03:12 | 71.23k
ILUSTRASI - Manfaat buah mangga. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Manfaat buah mangga. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah studi dari Oklahoma State University mengungkapkan buah mangga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Konsumsi buah mangga dapat mencegah hilangnya bakteri baik dalam usus.

Menurut para peneliti, beberapa jenis bakteri dalam usus memiliki peranan penting dalam kasus kegemukan dan penyakit terkait, seperti diabetes tipe-2. Namun, bakteri baik dalam usus ini mampu 'lenyap' akibat konsumsi tinggi lemak.

"Mangga adalah sumber serat baik. Dalam beberapa studi sebelumnya dilaporkan buah ini memiliki kemampuan anti-obesogenic atau senyawa kimia yang berperan dalam terjadinya kegemukan, hypoglycemic atau gula darah rendah, dan immunomodulatory atau memperkuat kekebalan tubuh," kata Professor Oklahoma State University, Edralin Lucas, dilansir dari Daily Mail, Selasa (13/9/2016).

Dalam percobaan, para peneliti menggunakan 60 tikus yang dibagi menjadi empat perlakuan asupan selama 12 pekan. Kelompok tersebut terbagi dari berdasarkan jumlah kalori yang didapat dari konsumsi lemak, seperti 10 persen, 60 persen, atau kombinasi dengan mangga.

Asupan makronutrien seperti karbohidrat dan protein semua diperlakukan sama. Begitu pula dengan nutrisi lainnya seperti kalsium, fosfor dan serat.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa tikus yang diberikan konsumsi mangga paling sedikit kehilangan bakteri usus baik. Penurunan ini berimbas pada penurunan risiko kegemukan dan penyakit degeneratif seperti diabetes.

Namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui dampak penerapannya pada manusia. Selain itu, dampak konsumsi mangga secara langsung pada bakteri usus belum pernah diuji. (*)

Edisi-Rabu-16-September-2020-mangga.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES