Kesehatan

9 Manfaat Jagung untuk Tubuh

Rabu, 16 September 2020 - 06:24 | 110.94k
ILUSTRASI - Manfaat Jagung. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Manfaat Jagung. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJagung memiliki beragam manfaat selain sebagai alternatif pengganti beras. Tanaman jagung sangat mudah didapat di Indonesia. Sebagian besar jagung dijadikan sebagai olahan makanan seperti sup, pop corn, dan bahkan banyak masyarakat yang menikmati jagung dengan hanya direbus.

Jagung selain merupakan sumber karbohidrat juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat untuk tubuh. Jagung mengandung kalori, vitamin B dan A, serta mineral yang melimpah dan menguntungkan tubuh. Mengonsumsi jagung secara teratur dan porsi yang tepat sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut 9 manfaat yang didapat dari tanaman berwarna kuning ini.

1. Pencegah Diabetes

Kandungan fitokimia yang terdapat dalam biji jagung akan mengatur penyerapan serta pelepasan hormon insulin dalam tubuh. Inilah yang menjadikan jagung sebagai salah satu makananan yang bergizi tinggi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh semua orang.

2. Mencegah Anemia

Jagung mengandung vitamin B12 dan asam folat yang berguna mencegah anemia. Jagung juga memiliki tingkat zat besi yang signifikan dan merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah baru. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama anemia juga.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jagung dapat membantu proses pencernaan makanan lebih lancar. Kandungan serat dari satu cangkir jagung, mencukupi 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh. Serat akan membantu buang air besar, yang merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung dan empedu.

4. Memperkuat Tulang

Jagung juga mengandung nutrisi seperti magnesium, besi, tembaga serta fosfor. Berbagai nutrisi itulah yang dapat menjadikan tulang agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jagung menyimpan nutrisi seperti vitamin C, karotenoid serta bioflavonoid yang berperan dalam mengontrol kadar kolesterol didalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Menurut peneliti, minyak jagung telah terbukti memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular.

6. Menyehatkan Mata

Warna kuning pada jagung merupakan sumber yang kaya beta karoten, untuk membentuk vitamin A dalam tubuh dan sangat penting untuk memelihara mata. Beta karoten merupakan sumber vitamin A karena dikonversi dalam tubuh, tetapi hanya dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh. Vitamin A bisa menjadi racun jika terlalu banyak dikonsumsi. Jadi, konsumsilah jagung dengan batas yang normal untuk membantu  mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ mata.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan yang banyak dalam jagung dapat membantu menutrisi seluruh jaringan kulit di tubuh. Bagi yang ingin memiliki kulit yang sehat dan terlihat lebih muda, mengonsumsi jagung bisa menjadi pilihan.

8. Mencegah Kanker

Menurut studi yang dilakukan di Cornell University, jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker. Bahkan, tidak seperti banyak makanan lain, memasak makanan dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam jagung manis. Antioksdan mampu menginduksi apoptosis pada sel kanker, sementara sel-sel sehat tidak terpengaruh.

9. Memenuhi Kebutuhan Ibu Hamil

Jagung juga merupakan salah satu makanan sumber asam folat. Ibu hamil butuh sekali asam folat. Karena jika kekurangan asam folat, bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Asam folat mencegah bayi kekurangan berat badan dan cacat lahir. Selain itu konsumsi jagung pada ibu hamil juga dapat memperlancar ASI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES