Peristiwa Daerah

Tekan Kasus Balita Stunting, 18 Bidan di Jember Dilatih Emo Demo

Selasa, 15 September 2020 - 19:50 | 50.58k
Para bidan di Kecamatan Umbulsari, Jember tengah menjalani pelatihan Emo Demo untuk menekan kasus balita stunting. (Foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Para bidan di Kecamatan Umbulsari, Jember tengah menjalani pelatihan Emo Demo untuk menekan kasus balita stunting. (Foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pola pemberian makanan yang ada di tengah masyarakat menjadi salah satu fokus upaya perubahan untuk mencegah balita stunting atau kondisi kerdil di Kabupaten Jember. Puskesmas Umbulsari berupaya mencetak pelatih Emo Demo untuk mencegah terjadinya kondisi itu.

Emo Demo sendiri merupakan kegiatan yang menerapkan edukasi interaktif dengan permainan yang menggugah emosi ibu atau pengasuh anak untuk dapat mengubah perilaku dalam pola pemberian makanan pada bayi dan anak.

Kepala Puskesmas Umbulsari, dr Dandy Candra Satyawan, menjelaskan, pelatihan Emo Demo bertujuan mencetak pelatih Emo Demo tingkat desa di wilayah Puskesmas Umbulsari.

“Nantinya, pelatih ini akan melatih Emo Demo bagi kader Posyandu,” terangnya, Selasa (15/9/2020).

Ada 18 bidan desa yang mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dengan GAIN.

Dalam pelatihan itu, masih teran Dandy, disampaikan orientasi strategi komunikasi perubahan perilaku untuk mencegah stunting.

“Kemudian, kader Posyandu akan melakukan Emo Demo di posyandu setiap bulan untuk mengubah perilaku ibu dan pengasuh balita dalam mencegah adanya bayi stunting,” lanjutnya.

Dandy berharap peserta yang sudah mendapat pelatihan Emo Demo itu dapat mengimplementasikan untuk mencegah dan menurunkan tingkat balita stunting di Kabupaten Jember yang masih cukup tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES