Wisata

Meski Kasus Covid-19 Bertambah, Pemkab Bondowoso Tetap Buka Tempat Wisata

Selasa, 15 September 2020 - 16:56 | 134.37k
Wisata Batu So'on Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso. Salah satu tempat wisata andalan pemerintah (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Wisata Batu So'on Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso. Salah satu tempat wisata andalan pemerintah (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Meski kasus positif Covid-19 terus mengalami peningkatan, Pemkab Bondowoso tetap membuka sejumlah tempat wisata di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Termasuk usaha wisata seperti hotel dan restoran.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, bahwa tempat wisata masih tetap beroperasi. Namun demikian, tetap dilakukan evaluasi dan harus sesuai protokol Covid-19.

"Sekarang yang jadi trending, justru klaster keluarga dan perkantoran kan. Lah ini yang harus diantisipasi. Kalau kita sudah di rumah gak mungkin pakai masker terus," jelasnya.

Menurutnya, tempat wisata sejauh ini sudah dievaluasi. Sementara penyelenggaraannya tetap sesuai protokol Covid-19. Adapun tempat wisata ataupun usaha wisata yang beroperasi, yakni yang sudah melalui verifikasi oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso.

Tempat wisata disediakan tempat cuci tangan, pengaturan jaga jarak dan membatasi jumlah pengunjung. "Mereka (tempat wisata) sudah melalui verifikasi, dengan ditempeli stiker layak kunjung," imbuhnya.

Sebelumnya, Pemkab Bondowoso menepeli stiker 'new normal' yang ditandatangani Bupati Salwa Arifin, bagi tempat wisata yang aman untuk dikunjungi. Total ada 17 hotel diberikan stiker, dari total 19 hotel yang ada di Bondowoso. Sementara yang dua masih belum memenuhi protokol Covid-19.

Sementara resto sudah ada sekitar 30 dan cafe 17 yang diverifikasi. Sementara untuk tempat wisata ada 37 titik. Terdiri dari wisata alam dan buatan. Warga tetap diminta tetap mematuhi protokol Covid-19.

Berdasarkan peta Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bondowoso per Selasa, 15 September 2020. Total ada 506 kasus positif. 460 sembuh, 38 dirawat dan 8 meninggal dunia. Kendati demikian Pemkab Bondowoso tak menutup tempat wisata setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES