Peristiwa Daerah

Konsistensi Komunitas Sepeda Onthel Promosikan Pariwisata Majalengka

Selasa, 15 September 2020 - 15:52 | 59.96k
Komunitas Tonjong Ontel Panshor (Topas) meranyakan HUT ke-3. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Komunitas Tonjong Ontel Panshor (Topas) meranyakan HUT ke-3. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKASepeda onthel tidak kalah diminati masyarakat Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yang gemar berolahraga sepeda. Beberapa dari masyarakat bahkan ada yang membentuk komunitas untuk menyalurkan hobinya menunggangi sepeda buatan Belanda ini.

Salah satunya Komunitas Tonjong onthel Panshor (Topas) yang berada di kelurahan Tonjong, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Sepeda onthel sudah akrab dalam sejarah bangsa Indonesia sejak 1880-an dan mulai banyak pada era 1910.

"Saat ini onthel sudah menjadi sepeda tua dan langka," ujar Ketua Topas, Sokhamad, pada saat merayakan hari kelahirannya yang ke-3, Selasa (15/9/2020).

Komunitas Tonjong Ontel Panshor B

Ia menjelaskan, Topas merupakan komunitas sepeda tua jenis onthel yang berdiri di Majalengka sejak tiga tahun lalu. Dan berdirinya Topas berawal dari sekelompok orang yang memiliki kesamaan hobi mengoleksi sepeda tua jenis onthel.

"Berawal dari kecintaan itu, para penggemar sepeda onthel mulai bersepeda bersama sambil bersilahturahmi," katanya.

Dia menjelaskan, pada perayaan Ultah ke-3 kali ini, mendapat support dari seluruh komunitas sepeda tua di wilayah Kabupaten Majalengka.

"Perayaan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama komunitas pecinta sepeda tua. Namun, tetap kita menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah," kata dia.

Komunitas Tonjong Ontel Panshor C

Dia berharap kehadiran komunitas sepeda tua di Majalengka memiliki andil dalam menunjang kegiatan pariwisata ke depannya.

Sementara itu, Pasi Intel Kodim 0617/Majalengka, Kapten Inf Maman Kardiman yang juga ikut gowes bareng dengan Komunitas Topas tersebut, menyambut baik dengan kegiatan ultah Topas tersebut. Apalagi ia juga hobi akan barang klasik.

"Topas selalu berjalan sinergis antar sesama anggota. Yang tiap minggunya mengadakan gerakan sehat dengan bersepeda ke jalanan. Melalui kegiatan ini bisa menjalin silahturahmi tanpa batas," harapnya kepada komunitas sepeda onthel di Kabupaten Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES