Peristiwa Daerah

Pertanyakan Program Desa, Warga Desa Serah Gresik Luruk Balai Desa

Selasa, 15 September 2020 - 15:03 | 102.24k
Warga Desa Serah saat mendatangi balai desa (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Warga Desa Serah saat mendatangi balai desa (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sejumlah warga Desa Serah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik melakukan aksi demo di balai desa. Alasannya, mereka ingin menanyakan sejumlah program yang dianggap janggal.

Beberapa tuntutan dari warga diantaranya menanyakan perihal adanya tanah wakaf masjid dibeli oleh pemerintah desa yang direncanakan untuk pengeboran sumur.

Salah satu warga Heri mengatakan pihaknya mendatangi balai desa karena ingin menuntut agar pemerintah desa transaparan serta melibatkan masyarakat dalam pembangunan di desa.

"Kami ke sini ingin tanya soal pengeboran air, pembangunan di perempatan sama pembelian tanah, sama pembuatan tempat pupuk di tanah pribadi," katanya, Selasa (15/9/2020).

Soal pengeboran air, Hari menerangkan masyarakat sebenarnya keberatan jika dilakukan di sebelah sumur tua (keramat) di samping masjid. Selama ini, dia mengaku warga tak pernah diajak berunding soal program desa 

"Kami tidak pernah diajak berunding. Kalau kemarin katanya pemdes beli tanah kurang lebih 50 juta. Warga juga menolak, jangan ngebor air di situ karena di tempat situ ada sumur keramat, takutnya dibor nanti airnya habis," terang Hari.

Dirinya bersama warga yang lain terus mendesak kades untuk meminta transparan. "Gak tau kades gak ada mulai pagi sampai siang. Gak ada ke kantor," imbuhnya.

Sementara Kapolsek Panceng AKP Daeng Jannah mengatakan, dirinya sudah berupaya menghubungi kades. 

Namun, tidak ada jawaban sama sekali. Bahkan, sudah disampaikan ke camat untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

"Mungkin hp nya mati. Tadi sudah saya sampaikan ke pak camat juga agar kades segera menemui warganya," imbuhnya saat berada di Balai Desa Serah Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES