Ekonomi

Peduli UMKM, Pemuda Estetique dan Kecamatan Ngebel Ponorogo Gelar Bazar di Pinggir Telaga

Selasa, 15 September 2020 - 10:13 | 136.57k
Pemerintah Kecamatan Ngebel dan Pemuda Estetique menggelar bazar UMKM di depan dermaga Telaga Ngebel untuk membantu peningkatan perekonomian warga saat kondisi pandemi Covid-19. (Foto: Bima Fajar Dwi/TIMES Indonesia)
Pemerintah Kecamatan Ngebel dan Pemuda Estetique menggelar bazar UMKM di depan dermaga Telaga Ngebel untuk membantu peningkatan perekonomian warga saat kondisi pandemi Covid-19. (Foto: Bima Fajar Dwi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Pemerintah Kecamatan Ngebel dan Komunitas Pemuda Estetique peduli dengan UMKM di masa pandemi Covid-19. Itu, dibuktikan dengan menggelar Bazar UMKM di kawasan Telaga Ngebel, Ponorogo.

Bazar pengenalan UMKM Desa se-Kecamatan Ngebel oleh Komunitas Pemuda Estetique di depan Dermaga Wisata Telaga Ngebel itu diikuti oleh puluhan UMKM. Kegiatan perdana digelar akhir pekan lalu, 12-13 September 2020. Rencananya, akan digelar tiap dua pekan pada weekend saat pengunjung Ngebel ramai.

bazar UMKM b

Doni Prastiawan, Kordinator Pemuda Estetique mengatakan, pihaknya ingin mengenalkan produk-produk warga Kecamatan Ngebel kepada khalayak umum karena kebanyakan UMKM mengeluh kesulitan memasarkan produknya. "Sebenarnya produk para pelaku usaha UMKM ini punya daya jual tinggi. Misalnya kerajinan tangan, kopi, makanan dan cemilan khas Ngebel," katanya kepada TIMES Indonesia, Selasa (15/9/2020).

Bazar perdana memasarkan produk pertanian, kerajinan tangan, makanan dan aneka kuliner hasil olahan warga. Para pelaku usaha diberi kesempatan menjual produk masing-masing.

Vera, salah seorang anggota Pemuda Estetique asal Kecamatan Ngebel misalnya, membantu memasarkan produk-produk di antaranya aneka kopi gula aren, kerajinan tangan, makanan atau cemilan hasil olahan khas Ngebel kepada para pengunjung yang sedang berlibur menikmati Telaga Ngebel.

Arief Fudiyono, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Ngebel juga terjun langsung dalam kegiatan tersebut. Melihat antusias para pedagang yang berjualan, Arief mengapresiasi hal baru yang dilakukan para Pemuda Estetique. Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 warga dituntut untuk cerdas dan kreatif. Sebab, jika biasa-biasa saja maka akan tertinggal dengan yang lain.

bazar UMKM c

"Tuhan mengajarkan kita untuk berpikir lebih maju lagi. Jangan pernah menyampaikan tidak bisa. Kita tidak boleh begitu saja menyerah dan pasrah. Karena tidak mungkin Tuhan menurunkan sesuatu tanpa alasan," papar Arief Fudiyono.

Selain itu, Arief Fudiyono juga meminta kepada para pedagang, petani, pelaku ekonomi dan pejuang muda untuk tidak pernah puas dan berhenti berinovasi.

Yusub Dharmadi JP, Camat Ngebel menyatakan pihaknya memiliki komitmen mengembangkan UMKM di Ngebel melalui berbagai program, termasuk bazar di depan Dermaga Telaga Ngebel yang diagendakan dua minggu sekali berkolaborasi dengan Pemuda Estetique.

"Para pahlawan ekonomi ini telah membantu menggerakkan roda perekonomian di Kecamatan Ngebel, serta membuka lapangan kerja bagi warga sekitar," ujarnya.

Yusub berharap kegiatan bazar ini turut membuka pintu kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk berjejaring dalam memasarkan produknya di tengah pandemi Covid-19. "Situasi pandemi ini harus dijadikan juga sebagai peluang untuk lebih maju dalam berusaha. Kuncinya semangat, jangan mudah putus asa, dan selalu memperhatikan selera pasar," kata Camat Ngebel, Ponorogo, Yusub Dharmadi. (*)

Edisi-Selasa-15-September-2020-Pemuda-Estetique-Gelar-Bazar-UMKM-di-Telaga-Ngebel.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yupi Apridayani
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES