Peristiwa Internasional

Badai Sally Mengancam Tiga Negara Bagian Amerika Serikat

Selasa, 15 September 2020 - 07:30 | 90.24k
Badai Sally dan seorang warga sedang mengisi air dan persediaan lainnya untuk menghadapi datangnya badai Sally. (FOTO: USA Today Network via Imagn Cont)
Badai Sally dan seorang warga sedang mengisi air dan persediaan lainnya untuk menghadapi datangnya badai Sally. (FOTO: USA Today Network via Imagn Cont)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tiga negara bagian Amerika Serikat yang terletak dipesisir selatan, Alabama, Lousiana dan Mississipi terancam Badai Sally.

National Hurricane Center yang berbasis di Miami seperti dilansir France24, menyatakan badai tersebut kini sedang bergerak dari Teluk Meksiko dan diperkirakan akan menerjang pada Selasa malam ini atau Rabu pagi.

Para ahli meteorologi menyebut badai tropis ini sore kemarin berada pada posisi tenggara Biloxi, Missisisipi dengan kecepatan 85 mil atau 140 km/jam.

Badai yang kini juga dinyatakan ke dalam Kategori 1 itu bergerak lambat itu menuju ke arah barat - barat laut dengan kecepatan 6 mph.

badai-Sally-2.jpg

Gubernur John Bel Edwards dari Louisiana, yang masih memulihkan diri dari badai terakhir (Laura) dan larangan pandemi Covid-19, mengatakan, badai Sally bisa  berdampak pada bagian tenggara negara bagian itu dan meminta penduduknya untuk bersiap.

"Jadilah pintar dan aman," tweetnya.

Badai Sally ini pun siap-siap membawa angin kencang, dan banjir bandang ke Pantai Teluk Amerika Serikat (AS).

"Badai Sally ini diperkirakan juga akan mencurahkan hujan antara 6 sampai 12 inci (15-30 cm) di sepanjang Pantai Teluk tengah dan bisa menyebabkan banjir bandang dari Florida melalui Louisiana," kata NHC forecaster,  Richard Pasch.

Jalur badai itu diperkirakan juga akan mengganggu produksi minyak di Teluk Meksiko AS untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari sebulan.

Gubernur Alabama dan Mississippi keduanya juga telah mengumumkan keadaan darurat menjelang badai yang mendekat itu.

Gubernur Mississippi, Tate Reeves mengatakan, badai Sally diperkirakan akan mendarat di sekitar Biloxi pada pukul 2:00 (0600 GMT) pada hari Rabu.

"Proyeksi gelombang badai terus mengkhawatirkan dengan bisa menimbulkan gelombang pantai mulai dari lima hingga delapan kaki (1,5 hingga 2,4 meter)," katanya.

"Kami terus mengkhawatirkan jumlah curah hujan," katanya. Badai Sally.diperkirakan akan membuat beberapa daerah bisa tergenang air hujan sebanyak 20 inci (50 sentimeter). (*)

Edisi-Selasa-15-September-2020-Badai-Sally-Ancam-AS.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES