Peristiwa Nasional

Cegah Campak, Siswa Tiga SD di Kota Batu Dapat Imunisasi MR

Senin, 14 September 2020 - 22:24 | 38.36k
Puskesmas Bumiaji saat melaksanakan imunisasi terhadap siswa tiga SD di wilayah Kecamatan Bumiaji. (FOTO: Puskesmas Bumiaji for TIMES Indonesia)
Puskesmas Bumiaji saat melaksanakan imunisasi terhadap siswa tiga SD di wilayah Kecamatan Bumiaji. (FOTO: Puskesmas Bumiaji for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Puskesmas Bumiaji sudah memulai pelaksanaan imunisasi MR untuk penyakit campak pada tiga Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada bulan September 2020 ini.

Para siswa yang saat ini sedang mengikuti pembelajaran secara daring diharuskan masuk ke sekolah untuk mendapatkan suntikan imunisasi. Secara berjadwal, para siswa kelas 1 SD ini datang ke sekolah dengan ditemani oleh orang tua.

siswa-tiga-SD-2.jpg

Pelaksanaan imunisasi ini merupakan bagian dari program bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Imunisasi ini dilakukan untuk memberikan kekebalan tubuh pada anak usia sekolah dasar (SD). Hingga saat ini Puskesmas Bumiaji sudah melaksanakan imunisasi pada tiga sekolah yakni SDN Pandanrejo 1, SDN Pandanrejo 2 dan SDN Bumiaji 1.

“Pelaksanaan Imunisasi MR pada saat Pandemi Covid-19 ini penting, karena dalam kondisi apa pun termasuk saat pandemi Imunisasi MR ini wajib dilakukan pada anak kelas 1 SD sebagai upaya pencegahan wabah campak,” jelas Kepala Puskesmas Bumiaji, Dokter Sachariano.

siswa-tiga-SD-3.jpg

Agar aman dari penularan Covid-19, dilaksanakan penerapan protokol kesehatan ketat saat imunisasi. Seperti menjadwal kedatangan siswa sehingga mencegah kerumunan, siswa juga wajib menggunakan masker, face shield, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta menjaga jarak dengan yang lain.

“Alhamdulillah lancar berkat kerja sama dengan pihak Kecamatan Bumiaji, Bapak Ibu kepala SD dan MI serta dukungan dari orang tua wali murid. Malah mereka ikut mengantarkan anaknya ke sekolah,” ujar Sachariano.

Lebih lanjut ia menjelaskan, imunisasi MR ini adalah upaya pencegahan terjadinya wabah campak di Indonesia. “Kita selalu mengingatkan agar sesampai di rumah sebaiknya siswa yang baru saja mengikuti imunisasi segera ganti baju, mandi dan mengompres bagian lengan yang diimunisasi dengan air dingin,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES