Politik Pilkada Serentak 2020

Pasangan LADUB Peduli Pelaku Kesenian dan Kebudayaan Tradisional

Senin, 14 September 2020 - 19:52 | 29.20k
Pasangan LADUB saat bersama salah satu pelaku kesenian Abah Topan. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Pasangan LADUB saat bersama salah satu pelaku kesenian Abah Topan. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, MALANG – Pelestarian budaya serta mensejahterakan seniman jadi salah satu visi misi Pasangan LADUB (Hj Lathifah Shohib-H Didik Budi Muljono) pada Pilbup Malang 2020.

Bacabup Malang, Hj Lathifah Shohib mengatakan, pelestarian budaya merupakan salah satu upaya merawat peninggalan nenek moyang yang sangat bernilai.

"Potensi kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Malang sangat beragam," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Senin (14/9/2020).

Bu Nyai, sapaan akrabnya mengatakan, budaya merupakan salah satu komponen yang mengandung nilai-nilai positif yang bisa diresapi oleh masyarakat. 

"Karena itu saat ini budaya di dekatkan dengan pendidikan, pada beberapa organisasi perangkat daerah di beberapa wilayah Dinas pendidikan dilekatkan dengan budaya," kata politisi PKB tersebut.

Dia menjelaskan, selain dilekatkan dengan dunia pendidikan, kebudayaan juga sangat berpengaruh dalam dunia pariwisata di berbagai daerah dan Kabupaten Malang.

"Wisata berbasis budaya sangat berpotensi menarik wisatawan mancanegara dan wisatawan dalam negeri untuk datang ke Kabupaten Malang," ungkapnya.

Bu Nyai mencontohkan, di Bali, kekuatan wisata selain terletak pada keindahan pantai dan beberapa destinasi lainnya, juga lekat dengan wisata budaya di dalamnya.

"Kabupaten Malang dengan beragam corak masyarakat memiliki kebudayaan dan seni yang sangat banyak. Kita perlu gali ini lebih lanjut agar seni dan budaya bisa menjadi salah satu penopang wisata yang ada di Kabupaten Malang," bebernya gamblang.

Cucu pendiri NU itu juga peduli terhadap nasib para seniman yang selama ini merasa kurang diakomodir oleh pemerintah daerah. 

"Ini perlu mendapat perhatian serius. Apalagi, pada masa pandemi Covid-19, seniman sangat terdampak karena minimnya pentas seni dan budaya," urainya.

Dia menyampaikan salah satu visi "Malang Bangkit" yang diusung Pasangan LADUB yakni membangkitkan lagi seniman dan budayawan, adalah dengan menghidupkan kembali ekosistem seni dan budaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES