Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Efektifkan Pengendalian Covid-19, Pemkab Lamongan Kini Hanya Pakai Swab Test

Senin, 14 September 2020 - 18:57 | 46.44k
Satgas Covid-19 Lamongan menggelar swab test di Pasar Babat, Lamongan, Senin (14/9/2020). (FOTO: Prokopim Pemkab Lamongan for TIMES Indonesia)
Satgas Covid-19 Lamongan menggelar swab test di Pasar Babat, Lamongan, Senin (14/9/2020). (FOTO: Prokopim Pemkab Lamongan for TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Satgas Pengendalian Covid-19 Pemkab Lamongan berupaya memperkuat prosedur pengendalian Covid-19. Mulai saat ini mereka tidak lagi memakai rapid test dan hanya menggunakan swab test.

Penegasan itu disampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Lamongan Fadeli saat meninjau swab test di Pasar Babat bersama Kapolres AKBP Harun dan Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono, Senin (14/9/2020).

Menurut Fadeli, langkah tersebut diambil untuk merespon kecenderungan peningkatan konfirmasi positif di beberapa daerah lain.

"Kami ingin meningkatkan efektifitas pengendalian tracing dan skrining dengan penggunaan metode swab test PCR," ujarnya.

Metode swab test menjadi pilihan terkini karena hasilnya yang lebih akurat. Selain itu, Kabupaten Lamongan sudah memiliki alat PCR sendiri dengan kapasitas pemeriksaan 70 sampel perhari.

Disampaikan terpisah oleh Koordinator Bidang Preventif dan Promotif Satgas Penanganan Covid-19 Lamongan, dr Taufik Hidayat, dibanding rapid test, pemeriksaan swab test dengan PCR lebih memang akurat.

Metode ini seperti dijelaskannya, yang direkomendasikan WHO untuk mendeteksi Covid-19.

"Swab kita saat ini sebenarnya sudah sesuai dengan standar WHO, 1000 sampel per 1000.000 Jiwa. Sementara Satgas Lamongan saat ini sudah melakukan tes 1.378 sampel," ujarnya

Untuk lebih mempercepat pengendalian Covid-19, maka ditingkatkan skrining dan tracing dengan swab test, tidak lagi menggunakan Rapid.

"Ini untuk keakuratan hasil," tutur Fadeli.

Dengan akurasi yang meningkat, ke depan akan bisa mendapatkan temuan kasus berkualitas sehingga memudahkan tracing dan isolasi untuk memutus rantai penularan.

Fadeli menegaskan, peningkatan tracing dan skrining juga diikuti isolasi dan kepatuhan protokol kesehatan.

"Sehingga diharapkan penularan Covid-19 di Lamongan bisa semakin ditekan, memberikan perlindungan, keamanan dan kenyamanan pada masyarakat dan zona Covid-19 Lamongan semakin baik," kata Fadeli.

Di Pasar Babat, Satgas Pengendalian Covid-19 Pemkab Lamongan menyiapkan 100 VTM (media pemeriksaan virus). Sedangkan sampai tengah hari, sebanyak 49 sampel sudah diambil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES