Peristiwa Nasional

Jakob Oetama, Orang Katolik yang Ber-KTP Islam

Senin, 14 September 2020 - 16:25 | 555.79k
Jakob Oetama saat masih hidupnya. (FOTO: Kompas.com)
Jakob Oetama saat masih hidupnya. (FOTO: Kompas.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak cerita unik soal mendiang Jakob Oetama saat hidupnya bersama para kolega. Salah satunya diungkapkan Peneliti Senior di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Ahmad Najib Burhani.

Prof Najib menceritakan, suatu waktu ia pernah bersua dengan almarhum Jakob Oetama. Dalam rangka menulis Skripsi S1 tentang 'Relasi Kuasa antara Kompas dan Gus Dur'.

Dalam kesempatan itu, Jakob Oetama menunjukkan KTP kepadanya dengan tulisan agama Jakob Oetama adalah Islam. Lantas Prof Najib pun dibuat terkejut akan soal itu. Diketahui, almarhum Jakob adalah seorang yang menganut agama Katolik.

"Pak Jakob menunjukkan kalau di KTP-nya, ia beragama Islam. Saya tentu terkejut mendengarnya info itu. Tapi saya yakin, bahwa hati Pak Jakob memang Muslim," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Senin (14/9/2020).

Lalu apakah memang benar Jakob adalah seorang mualaf dan muslim? Kata Prof Najib hal itu hanya sekedar identitas saja. Dan ia tidak percaya bahwa almarhum Jakob Oetama adalah masuk Islam atau pernah mualaf.

"Selain Pak Jakob, saya ketemu beberapa non-Muslim yang di KTP nya ditulis Islam. Kadang mereka menyamakan saja agama dan pendidikan semua orang. Saya kira (Pak JaKob Oetama) tidak (masuk Islam)," ujarnya.

Seperti yang diketahui,  Jakob Oetama meninggal dunia pada Rabu (9/9/2020) kemarin, di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Almarhum meninggal setelah berjuang melawan penyakit multiorgan selama dua minggu di rumah sakit.

Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama dimakamkan dengan upacara militer di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Kamis (10/9/2020). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES