Peristiwa Daerah

Lomba Video Kreatif Tingkat Provinsi Jatim, Desa Besur Wakili Kabupaten Lamongan

Senin, 14 September 2020 - 15:35 | 85.22k
Wisata Besur Agro Edukasi salah satu potensi ekonomi Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan yang mengikuti lomba video kreatif tingkat Provinsi Jawa Timur (14/09/2020), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
Wisata Besur Agro Edukasi salah satu potensi ekonomi Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan yang mengikuti lomba video kreatif tingkat Provinsi Jawa Timur (14/09/2020), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANDesa Besur, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan akan mengikuti lomba video kreatif dengan kategori pengembangan potensi ekonomi desa tingkat Provinsi Jawa Timur mewakili desa se-Kabupaten Lamongan.

"Tahun kemarin (2019) yang mewakili desa se-Kabupaten Lamongan itu Desa Labuhan Kecamatan Brondong dengan tema pengembangan ekonomi desa. Di tahun ini, kami mewakili dengan tema potensi ekonomi desa," ujar Abdull Haris Suhud, Senin (14/09/2020).

Haris mengatakan, video tersebut telah dikirimkannya ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan. "Tadi pagi, sudah kita kirimkan ke Dinas PMD Lamongan videonya," akunya.

Tak hanya wisata saja yang menjadi tema atau kategori tahun ini, jelas Haris, tapi bagaimana mampu mengembangkan potensi ekonomi desa dan penanganan Covid-19.  

"Ya, kalau tema lomba tahun ini saya rasa lebih menantang. Selain wisata, desa juga harus menyajikan potensi-potensi yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakatnya dan penanganan Covid-19," ucapnya.  

Di tempat yang berbeda, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lamongan, Khusnul Yakin menuturkan, hanya Desa Besur yang mewakili desa se-Kabupaten Lamongan mengikuti lomba video kreatif.

"Sebenarnya ada dua desa yang akan kita ikutkan lomba ini. Karena Desa Kranji Kecamatan Paciran mengundurkan diri, jadi yang kita ikutkan Cuma Desa Besur," aku Khusnul Yakin.

Lomba video kreatif tahun berbeda dengan tahun kemarin, Khusnul menerangkan, selain desa yang memiliki wisata juga masuk dalam dua kategori penilaian.   "Kategori tahun ini pengembangan potensi ekonomi desa dan penanganan Covid-19," tuturnya.

Untuk saat ini, dia menyampaikan, lomba video kreatif ini sudah memasuki tahap penilaian aktif dari Dinas PMD Provinsi Jawa Timur.

"Barusan kita terima video dari pihak Desa Besur dan juga sudah kita kirimkan ke PMD Jatim untuk mendapatkan penilaian meliputi kriteria teknik (sinematik) dan non teknik (naratif)," kata Khusnul.

Dia juga menambahkan, desa yang mengikuti lomba video kreatif mewakili desa se-kabupaten Lamongan dua tahun terakhir itu Desa Labuhan, Kecamatan Brondong.

"Kategori tahun kemarin pengembangan ekonomi desa. Meski tidak menjadi juara tapi Desa Labuhan masuk salah satu nominasi yang dilombakan. Untuk tahun ini semoga Desa Besur bisa meraih juara, sehingga bisa menjadi semangat bagi desa lain untuk ikut memajukan desanya," ucapnya.

Di sisi lain, Camat Sekaran Agus Hendrawan, mengapresiasi Desa Besur mengikuti lomba video mewakili desa se-Kabupaten Lamongan dalam kategori pengembangan potensi ekonomi desa dan penanganan Covid-19.

"Kita apresisasi betul prestasi Desa Besur. Kita akan maksimalkan untuk memberikan semangat dan motivasi," kata Agus Hendrawan.

Agus juga mengharapkan, prestasi desa yang memiliki Wisata Besur Agro Edukasi ini bisa memberikan semangat kepada desa lain agar meningkatkan potensi-potensi ekonomi di desanya.

"Kami mengimbau kades-kades di Kecamatan Sekaran menggerakkan masyarakatnya untuk memompa sendi-sendi perekonomian di desanya," ucapnya.

Dengan dibukanya Wisata Besur Agro Edukasi tersebut, Agus mengimbau, agar pihak desa tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak bagi pengunjung.

"Dan yang terpenting pengunjung wajib memakai masker," ujar Camat Sekaran mengapresiasi Desa Besur mengikuti lomba video kreatif mewakili desa Se-Kabupaten Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES