Peristiwa Daerah

Akses Rimba Candi dan Sumber Jaya Diperbaiki

Senin, 14 September 2020 - 13:19 | 41.07k
Pengendara motor saat melintas di titik kerusakan jalan menuju Dusun Sumber Jaya, Kelurahan Candi Jaya.  (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)
Pengendara motor saat melintas di titik kerusakan jalan menuju Dusun Sumber Jaya, Kelurahan Candi Jaya. (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Kondisi kerusakan akses Simpang Jokoh yang menghubungkan Rimba Candi dan Dusun Sumber di Pagaralam, Sumatra Selatan semakin parah. Bahkan, beberapa waktu lalu, warga setempat bergotong-royong melakukan penimbunan di titik kerusakan parah. Hingga saat ini masyarakat mengharapkan adanya perbaikan jalan.  

Gotong royong secara swadaya harus dilakukan masyarakat lantaran belum adanya kejelasan akan adanya perbaikan dari Pemkot Pagaralam melalui pihak terkait. Kondisi ini tidak hanya menghambat laju kendraan yang melintas, juga kecelakaan sewaktu waktu mengintai warga.  

“Ya (gotong royong), sudah dilakukan warga, tapi memang kondisinya sangat parah dan licin. Pernah waktu itu sepatu boot yang kita pakai saja tenggelam,” ungkap Jon Fikri, warga setempat Senin (14/9/2020)

Disebutkannya, kerusakan cukup parah juga banyak ditemui, mulai Simpang Tiga Pengaringan, Talang Jembak hingga ke Rimba Candi, radiusnnya saja sekitar 5 km. Sepanjang jalan ini cukup parah kerusakan dengan kondisi jalan berlobang dimana-mana. “Mungkin sudah tujuh tahun terakhir belum adanya perbaikan jalan seperti tambal sulam saja,” katanya.

Senada disampaikan Devi, warga Pagaralam yang melintas di lokasi yang menghubungkan Dusun Sumber, Kelurahan Candi Jaya cukup prihatian atas kondisi akses jalan di pelosok dusun berbanding terbalik dengan konsidi perkotaan yang terlihat mulus.

“Kita harapkan akes jalan di pelosok juga jadi perhatian serius pemerintah daerah. Sebab, akses ini jadi tumpuan masyarakat yang mayoritasnya sebagai petani. Jika musim tiba, tiap tahunnya sangat mendambakan jalan bagus dan lancar agar mudah mengangkut hasil perkebunan ataupun pertanian yang sudah mereka panen,” ucapnya.  

Menjawab kondisi kerusakan akes jalan tersebut, Kepala Dinas PU Tata Ruang Kota Pagaralam, A Parliansyah ST MM melalui Kabid Bina Marga, Adriansyah ST mengatakan, kepada masyarakat untuk bersabar, jika tak ada halangan tahun ini juga perbaikan jalan tersebut direalisasikan.

“Jika tak ada halangan, akses tersebut dilakukan pemeliharaan jalan (perbaikan). Untuk lokasinya, sepanjang Jalan Pesirah Jemair yaitu mulai Simpang Tiga Jokoh -  Sumber Jaya dengan anggaran sekitar Rp. 6,5 miliar mlalui sumber dana APBD-P. 

Selain itu, melalui suntikan dan Bangub senilai Rp.5 miliar untuk mendanai perbaikan Jalan Rimba Candi yang menghubungkan Semidang Alas. Diharapkan rencana perbaikan kedua akses tersebut tidak ditemui kendala, yang nantinya bisa mendukung kelancaran transportasi serta pengangkutan hasil panen baik disektor pertanian ataupun perkebunan,” ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES