Indonesia Positif

4 Pola Motivasi untuk Ormawa UWG Malang

Minggu, 13 September 2020 - 15:38 | 107.00k
Dr. Budi Sasongko, SE. MH., Pemateri LKMM-TD, ALUMNI UWG 1987, Dirut PT. GARAM. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Dr. Budi Sasongko, SE. MH., Pemateri LKMM-TD, ALUMNI UWG 1987, Dirut PT. GARAM. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) periode 2020/2021 UWG Malang mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) Tahun 2020, Rabu (9/9/2020).

Kegiatan tersebut diisi dengan motivasi, materi pengendalian konflik dan pengambilan keputusan. Materi utama bagi 78 peserta LKMM-TD Tahun 2020 ini disampaikan oleh Dr. Budi Sasongko, SE, SH, MH, MM, Ak, alumni tahun 1982 Kampus Inovasi UWG, mantan Direktur Utama PT Garam yang saat ini sudah memasuki masa purna tugasnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor Universitas Widyagama Malang ini menghadirkan lima narasumber yaitu Dr. Fatkhurohman, SH, MH; Agus Tugas Sudjianto, ST, MT; Dr. Sopanah, SE, MSi, Ak, CA, CMA; Dr. Ir. Rita Hanafie, MP dan Dr. Budi Sasongko, SE, SH, MH, MM, Ak. Sebagaimana dilaporkan oleh panitia pelaksana, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para pengurus ormawa periode 2020/2021 Universitas Widyagama Malang.

Menurut Rita Hanafie, materi Budi Sasongko sengaja ditempatkan pada posisi terakhir karena materi ini adalah materi utama yang berharap dapat menggugah semangat para peserta untuk berorganisasi. “Ormawa bukan hanya wadah untuk menyalurkan hobi. Ormawa UWG harus punya prestasi,” tegas  Wakil Rektor III ini.

penyerahan cindera mata

Ada empat pola motivasi: Achievement Motivation, Affiliation Motivation, Competence Motivation dan Power Motivation, 10 tujuan motivasi, tiga model motivasi, jenis, sumber, cara penanganan dan dampak konflik serta empat tipe model umum pengambilan keputusan yang disampaikan Budi Sasongko. 

“Konflik adalah perseteruan, perselisihan dan pertentangan. Adalah gejala alamiah yang tak dapat dihindari, dan akan dialami oleh semua orang, konflik pribadi, antar pribadi maupun antar kelompok. Konflik harus dihadapi dan dicari jalan keluarnya, tidak dapat dihindari. Memanusiawikan konflik adalah tindakan cerdas daripada mengingkarinya. Keberhasilan mengelola konflik melalui Adversity Quotien akan berdampak positif pada meningkatnya motivasi, loyalitas, kreatifitas dan ikatan kelompok yang kesemuanya akan membantu organisasi mencapai tujuan,” jelas sosok yang memiliki keahlian manajemen strategis dan leadership kuat sebagai nilai pribadinya ini.

Presentasi menarik dengan moderator Dra. Wiwin Purnomowati, MSi ini benar-benar mampu membawa suasana menjadi hidup dengan diskusi-diskusi yang menarik. 

Sebagai bagian dari rasa penghormatan kepada senior, Rektor UWG Malang Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT yang masuk ke kampus ini setahun setelah Budi Sasongko lulus, ikut mendengarkan paparan hingga selesai, sekaligus memberikan cinderamata di akhir acara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES