Indonesia Positif

Buka Latihan Keterampilan Manajemen, ini Pesan Rektor UWG Malang

Minggu, 13 September 2020 - 14:00 | 56.78k
Rektor UWG, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST. MT. beri sambutan Pembukaan LKMM-TD. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rektor UWG, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST. MT. beri sambutan Pembukaan LKMM-TD. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rektor UWG Malang Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT membuka Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingat Dasar (LKMM-TD) Tahun 2020, Rabu (9/9/2020).

Kegiatan ini digelar oleh Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang bagi para pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) periode tahun 2020/2021. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari 39 Ormawa yang ada di lingkungan kampus yang terletak di Jalan Borobudur No. 35 Malang ini berlangsung di Auditorium Lantai IV Kampus II.

Di ruangan ber- AC dengan kapasitas 250 orang ini diisi kurang dari separuhnya. Sebab panitia melaksanakan protokol kesehatan DVL (durasi – ventilasi – jaga jarak), serta memastikan peserta tidak sakit, harus memakai masker, diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki ruangan, memakai hand sanitizer dan pengaturan kursi secara berjarak. Pintu ruangan juga selalu dibiarkan terbuka agar tetap ada sirkulasi udara.

Panitia pelaksana kegiatan, Wakil Rektor III Dr. Ir. Rita Hanafie, MP dalam laporannya menyampaikan bahwa ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh kampusnya. Tujuannya adalah untuk memberikan bekal wawasan pengetahuan dan keterampilan manajemen kepada para pengurus ormawa yang baru dilantik.

“Sebelum ini, kegiatan dilakukan dengan mengambil nama Character Building dan dilaksanakan bekerjasama dengan Pusdik Belanegara Rindam V/Brawijaya. Mengingat situasi dan kondisi yang sampai saat ini belum kondusif bagi masyarakat untuk beraktifitas secara bebas di luar rumah, maka mengawali aktifitasnya para pengurus ormawa ini diberikan kegiatan yang diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar Tahun 2020,” jelasnya.

Rita Hanafie

Dosen Fakultas Pertanian ini juga menambahkan bahwa pengisi materi pada kegiatan tersebut semuanya adalah aktifis ormawa pada masanya, bahkan tiga diantaranya adalah alumni di kampus tersebut.

Pada sambutan pembukaannya, Agus Tugas memberikan penekanan harapan kepada para peserta agar memanfaatkan waktu yang terbatas ini untuk dapat menyerap materi dengan optimal. “Disamping hardskill yang telah diberikan oleh para dosen di kelas pada mata kuliah masing-masing, softskill sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa saat memasuki dunia kerja. Pengalaman dan testimoni para mahasiswa peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di BUMN yang dilakukan oleh lembaga ini bekerjasama dengan Human Capital Indonesia (HCI), adalah bukti yang tidak dapat dibantah. LKMM-TD ini adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh UWG untuk memberikan bekal softskill kepada mahasiswa, khususnya para pengurus ormawa,” tekan Agus Tugas.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut mendatangkan lima orang pemateri yaitu Dr. Fatkhurohman, SH, MH dengan materi Wawasan Kebangsaan, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT dengan materi Kepemimpinan, Dr. Sopanah, SE, MSi, Ak, CA, CMA dengan materi Perencanaan, Perumusan dan Penjabaran Gagasan, Dr. Ir. Rita Hanafie, MP dengan materi Manajemen Organisasi dan Dr. Budi Sasongko, SE, SH, MH, MM, Ak dengan materi Motivasi, Pengambilan Keputusan dan Pengendalian Konflik.

Fatkhurohman, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru adalah mantan aktifis di eranya. Agus Tugas, yang sejak pertengahan Desember 2019 dipercaya untuk memimpin lembaga pendidikan tinggi dibawah naungan YPPI Widyagama Malang ini adalah alumni lembaga yang sama tahun 1988. Sopanah, yang dikenal luas dengan panggilan Ana, Dekan Fakultas Ekonomi UWG adalah alumni tahun 1997, sementara Budi Sasongko, yang baru saja memasuki masa purna tugas dengan jabatan terakhir adalah Direktur Utama BUMN PN Garam, adalah alumni tahun 1982.

“Dipilihnya para alumni sukses untuk memberikan bekal wawasan pengetahuan dan keterampilan ini kepada para pengurus baru ormawa dilakukan dengan harapan interaksi dan komunikasi dapat dilakukan dengan lebih cair, karena mahasiswa berhadapan dengan seniornya, bukan dengan orang lain,” bebernya.

Acara pembukaan yang dihadiri oleh para wakil rektor, direktur Program Pascasarjana, para Dekan, Ketua BPM, Kepala PI-PMB dan Ketua LPPM UWG Malang ini berlangsung dengan lancar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES