Peristiwa Nasional

Kasus Covid-19 di Probolinggo Didominasi Karyawan Pabrik Rokok

Senin, 14 September 2020 - 10:57 | 44.99k
ilustrasi - Positif Covid 19 (FOTO: Shutterstock/diy13)
ilustrasi - Positif Covid 19 (FOTO: Shutterstock/diy13)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, didominasi oleh kluster karyawan pabrik rokok. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica, Senin (14/9/2020).

Dewi mengungkapkan, sejumlah perusahaan pabrik rokok karyawannya telah terbukti terpapar virus mematikan tersebut. Karena menurut Dewi, pabrik rokok di Kabupaten Probolinggo, masih belum benar-benar mamatuhi protokol kesehatan terhadap karyawannya.

“Pemakaian masker yang tidak tepat, serta masih adanya kerumunan karyawan pada jam istirahat maupun pulang kerja. Selain itu celah transmisi juga dapat terjadi oleh karena banyaknya karyawan perusahaan yang menggunakan transportasi umum tanpa penerapan protokol kesehatan,” tutur Dewi.

Dewi menyampaikan, pihak Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, telah menekankan agar perusahaan harus berhati-hati dengan kondisi kerja. Adanya peran Patriot Sehat di suatu perusahaan untuk terus melakukan sosialisasi dan pengawasan secara langsung, agar kesadaran menerapkan protokol kesehatan ditunjukkan oleh para karyawan.

“Beberapa bulan lalu Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, sudah mengeluarkan surat edaran agar setiap perusahaan melakukan pemeriksaan tes rapid Covid-19 pada karyawannya, tetapi belum semua perusahaan melaporkan hasil pemeriksaan tersebut,” tegasnya.

Berdasarkan hasil peninjauan, didapati bahwa protokol kesehatan sebenarnya telah diterapkan namun masih adanya potensi penularan Covid-19 yang terjadi oleh karena penerapan protokol kesehatan yang kurang benar. 

“Disamping itu, masih adanya perusahaan yang belum mempunyai SOP penerapan protokol kesehatan dan belum terbentuknya Patriot Sehat sebagai agent of change penerapan protokol kesehatan di perusahaan,” jelas Dewi.

Diketahui, jumlah pasien terpapar Covid-19 di Kabupaten Probolinggo, berdasarkan rilis dari Pemkab setempat tertanggal 13 September 2020, bahwa jumlah pasien positif Covid-19 mencapai 634 orang. 133 pasien masih dalam perawatan medis, 460 orang  dinyatakan sembuh dan 32 pasien meninggal dunia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES