Peristiwa Daerah

Relawan Demokrasi Siap Sukseskan Pilbup Pali, Ini Tugasnya

Senin, 14 September 2020 - 06:51 | 29.49k
Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi Pilbup PALI Kabupaten PALI (Foto: Rochman/TIMES Indonesia)
Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi Pilbup PALI Kabupaten PALI (Foto: Rochman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALIRelawan Demokrasi Pemilihan Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatra Selatan diharapkan segera mensosialisasikan Pilbup PALI 2020 9 Desember 2020 kepada pemilih.

"Hal ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumsel," ungkap Ketua KPU Sunario, SE kepada TIMES Indonesia, Senin (14/9/2020).

Ketua KPU PALI, Sunario mengatakan, tujuan dibentuknya relawan demokrasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih, membangkitkan kesukarelawanan masyarakat sipil dalam agenda pemilihan dan demokrasi.

"Relawan itu juga bisa meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi serta meningkatkan kualitas pemilihan," ujar Alumni Unsri ini.

Relawan Demokrasi 2

Menurutnya, pembentukan relawan demokrasi yang digagas KPU itu melibatkan kelompok masyarakat berasal dari 10 basis pemilih strategis seperti basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas.

"Kemudian basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan dan basis warga internet," terang Sunario.

Lanjutnya, pelopor-pelopor demokrasi ini dibentuk di setiap basis yang kemudian menjadi penyuluh pada masing-masing komunitasnya.

"Segmentasinya berdasarkan basis pemilih yang dilakukan dengan kesadaran. Dimana tidak semua lapisan masyarakat mampu dijangkau program KPU,"ungkapnya.

Para relawan ini saat ini telah dibekali Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020 yang diikuti seluruh relawan demokrasi, Minggu (13/9/2020).

Pemberian materi dilakukan oleh Manamin, S Pd, SH, MH selaku anggota KPU Kabupaten Penukal Abab lematang Ilir Divisi SDM dan Parmas serta pemberian materi oleh Ani Septiana, SH.I selaku Sekretaris KPU Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES