Politik

Sekjen PAN: Kesehatan Warga Lebih Penting daripada Menang Pilkada

Minggu, 13 September 2020 - 22:17 | 16.42k
Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno (Foto: Instagram/Eddy Soeparno)
Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno (Foto: Instagram/Eddy Soeparno)

TIMESINDONESIA, JAKARTASekjen PAN, Eddy Soeparno menilai wajar kekhawatiran bakal timbul klaster baru penyebaran Covid-19 bersamaan dengan pelaksanaan Pilkada 2020 di 270 wilayah Indonesia.

Mengingat para paslon bakal kerap melakukan pertemuan atau pengumpulan warga di masa kampanye.

"Wajar saja jika pilkada 2020 berpotensi melahirkan klaster penyebaran Covid yang baru. Jangankan di masa kampanye, di saat pendaftaran paslon ke KPUD saja, banyak yang abai terhadap penerapan protokol kesehatan," kata Eddy kepada TIMES Indonesia di Jakarta, Minggu (13/9/2020).

Eddy merujuk pada saat pendaftaran paslon berlangsung tanggal 4-6 September 2020 lalu. Saat itu, banyak paslon terlihat mengabaikan protokol kesehatan. Di antaranya pengumpulan massa dan arak-arakan rombongan untuk pendaftaran ke KPU daerah masing-masing.

Selain itu terlihat para simpatisan jarang menggunakan masker saat proses mengantar paslon mendaftar.

"Sejatinya paslon wajib bertanggung jawab atas massa yang dibawanya dan membatasi jumlah orang yang hadir di saat pendaftaran serta mewajibkan mereka yang ikut daftar menggunakan masker secara konsekwen," kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini.

Eddy mengimbau semua paslon wajib mentaati ketentuan dari Komisi Pemelihan Umum. Yakni, membatasi mobilisasi massa dalam jumlah besar. Serta mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Tepatnya, saat resmi momentum kampanye yang bakal berlangsung selama 71 hari. Lalu, para calon pemimpin tersebut juga perlu menahan diri untuk berkampanye bebas demi keselamatan warganya.

"Para paslon meski memberikan contoh yang benar kepada warga dengan menaati aturan KPU dan pemerintah tentang protokol kesehatan. Apalagi banyak diantara mereka yang kelak akan menjadi kepala daerah. Bagaimana mereka akan menjadi panutan yang baik nantinya, jika di saat sosialisasi kepada masyarakat mereka terang-terangan melakuan pelanggaran?" ujar Eddy.

Eddy, juga mendorong KPU RI memberlakukan sanksi tegas bagi para paslon yang kedapatan melanggar protokol kesehatan. Mulai dari peringatan, melarang paslon melakukan kampanye tatap muka, hingga diskualifikasi.

"Jika ada paslon yang hendak memenangkan pilkada dengan cara membahayakan kesehatan warganya, sudah selayaknya yang bersangkutan diberikan sanksi yang tegas dan berat," pungkas Sekjen PAN yang juga anggota DPR RI Dapil Kota Bogor dan Cianjur ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES