Peristiwa Nasional

Dunia Perkoperasian Indonesia Berduka, Sularso Martodiwirjo Berpulang

Minggu, 13 September 2020 - 23:55 | 67.17k
Sularso Martodiwirjo (FOTO: Pipnews.co.id)
Sularso Martodiwirjo (FOTO: Pipnews.co.id)

TIMESINDONESIA, SOLO – Gerakan Koperasi Indonesia hari ini berduka. Sularso Martodiwirjo, menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (13/9/2020) jam 05.25 WIB di RSUI Kustati Surakarta.

Pria kelahiran Solo 83 tahun yang lalu atau tepatnya lahir pada 12 Februari 1937 ini, mengabdi di lingkungan Kementerian Koperasi selama 40 tahun hingga pada 2002 purnabakti.

Di luar koperasi, almarhum juga aktif dalam organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan kegiatan kesejahteraan sosial pada organisasi Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS).

Sularso-Martodiwirjo-2.jpg

Dedikasi almarhum banyak mendapat pengakuan dari para pengurus koperasi dan organisasi gerakan koperasi. Seperti diungkapkan pratisi koperasi besar di Jawa Timur, politisi dan Ketua Umum Dekopin Dr Sri Untari Bisowarno M.AP.

Menurutnya, Indonesia kehilangan sosok pemikir dan pejuang koperasi yang gigih hingga akhir hayatnya. “Terlepas banyak pro dan kontra dengan pemikiran beliau, tapi konsistensinya berkoperasi tidak perlu diragukan lagi,” ujarnya.

Sri Untari menilai Sularso adalah tokoh senior dengan rekam jejak tinggi. Dalam forum-forum resmi, ia suka menyentil dengan melemparkan persoalan seputar koperasi dan membuat orang mengernyitkan dahi.

Sri-Untari.jpgPolitisi dan Ketua Umum Dekopin Dr Sri Untari Bisowarno M.AP. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

Namun dengan gayanya itu, kemudian mendorong orang untuk berpikir makin kritis. “Terima kasih telah mendarma-baktikan sepanjang usia beliau di koperasi. Dekopin berduka cita mendalam, tapi kami akan terlecut dengan kepergian beliau untuk lebih membangkitkan koperasi sebagai pilar ekonomi rakyat. Selamat jalan senior, semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosanya dan menerima amal baiknya, Aamiin,” ujarnya.

Sularso adalah tokoh dibalik Undang Undang No 25/1992 Tentang Perkoperasian. Almarhum merupakan seorang pemikir yang terus berupaya, agar koperasi Indonesia tidak tumbuh kecil-kecil, tetapi cepat berkembang menjadi besar, dan bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan raksasa baik di negara ini bahkan di dunia.

Selamat jalan Pak Sularso Martodiwirjo .. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES