Wisata

Uniknya Tarian Kataga Asal Sumba Tengah untuk Menyambut Kedatangan Tamu

Minggu, 13 September 2020 - 14:36 | 351.25k
Tarian khas Kataga asal Kabupaten Sumba Tengah NTT. (FOTO: tradisikita.com)
Tarian khas Kataga asal Kabupaten Sumba Tengah NTT. (FOTO: tradisikita.com)

TIMESINDONESIA, SUMBA TENGAH – Salah satu keunikan Tarian Kataga yang berasal dari Kabupaten Sumba Tengah NTT pada dasarnya tarian itu dilakukan oleh laki-laki untuk menyambut kedatangan tamu.

Menurut Budayawan Sumba Yudi Rawambaku Minggu (13/9/2020) Tarian Kataga selain untuk menyambut kedatangan tamu. Tarian Kataga juga menggambarkan kekuatan serta komitmen masyarakat dalam membangun daerah.

“Tarian Kataga ini sering dipentaskan pada even-even besar dan menjadi tarian untuk menyambut kedatangan tamu-tamu kehormatan,” kata Yudi.

Ia menuturkan, tarian Kataga yang dilakukan oleh laki-laki dengan berima khas gong dan tameng dengan penuh semangat para penari dalam menggugah para tamu seakan melihat tarian tersebut langsung mengapresiasi bahwa tarian itu adalah tarian perang.

“Jadi terian Kataga ini dilakukan oleh dua kelompok dengan cara berbaris masing-masing delapan orang atau lebih jadi dua kelompok merupakan dua kubu yang saling berperang dengan pakaian adat Sumba berikat kepala, memegang pedang dan perisai para prajurit dengan gerakan mengayun pedang seakan menghindari serangan musuh dan menepuk perisai,” ungkapnya.

Yudi mengatakan, tarian Kataga hingga saat ini masih menjadi tarian tradisional yang populer di Provinsi NTT khusunya di Kabupaten Sumba Tengah namun tarian Kataga kerap ditampilkan ketika Pemerintah Daerah maupun acara lainnya saat menjemput tamu kehormatan serta pertunjukan budaya Daerah baik di dalam daerah maupun luar daerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES