Politik Bencana Nasional Covid-19

Singgung PSBB DKI Jakarta, PDI Perjuangan Instruksikan Kader Tak Gampang Ambil Kebijakan

Minggu, 13 September 2020 - 12:48 | 27.08k
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (FOTO: PDI Perjuangan)
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (FOTO: PDI Perjuangan)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di tengah pro kontra penerapan PSBB di DKI, PDI Perjuangan mengingatkan kepala daerah kader partai untuk tidak mengambil keputusan tergesa-gesa untuk melakukan PSBB dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala daerah dari PDI Perjuangan, kata dia, wajib mengedepankan kepentingan rakyat dan ambil keputusan secara bijak, solutif, dan mudah dijalankan secara masif.

“Dalam situasi pandemi seperti ini seluruh kader Partai, khususnya kepala daerah Partai dilarang membuat keputusan tanpa pertimbangan matang. Tidak boleh grusa-grusu, atau asal ambil keputusan, terlebih hanya untuk pencitraan, atau demi kesan ketegasan. Kepala daerah PDI Perjuangan wajib kedepankan kepentingan rakyat dan ambil keputusan secara bijak, solutif, dan mudah dijalankan secara masif," ujar Sekjen PDI Perjungan, Hasto Kristiyanto, dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Minggu (13/9/2020).

Kata Hasto, sejak awal pandemi Covid-19 ini mewavah, Ketua Umum PDI Perjuangan telah memberikan lima instruksi pokok. Pertama, mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak 2 meter, pakai masker dan rajin cuci tangan. Kesemuanya bersifat wajib. Instruksi ini perlu disiplin total. 

Instruksi kedua, meningkatkan imunitas tubuh dengan makan sayur dan buah yang kaya vitamin. Daun kelor, jeruk dan kulitnya, buah jambu merah, tomat, bayam, belimbing, daun pohom asam. Kesemuanya, adalah contoh buah dan sayur-sayuran yang mudah di tanam. Begitu juga dengan tidur cukup, olah raga, dan minum jamu-jamuan. 

"Ketiga, realokasi anggaran untuk rakyat miskin. Kedepankan program padat karya, dapur umum, dan perkuat usaha ekonomi rumah tangga. Keempat, gerakan menanam tanaman yang bisa dimakan. Adanya tanah, air, dan matahari itu elemen penting untuk pertumbuhan tanaman. Kelima, perkuat gotong royong, hadirkan politik penuh wajah kemanusiaan," tutur Hasto.

PDI Perjuangan pun terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat solidaritas sosial di tengah Panndemi Covid-19, meskipun diakui Hasto, ada pihak-pihak tertentu yang justru melakukan provokasi demi kekuasaan, mengambil sikap konfrontif, dan tidak mau bekerja sama untuk rakyat. "Maka hal-hal tersebut tidak usah dihiraukan. Kerja untuk rakyat adalah skala prioritas terpenting." katanya menyusul pro kintra penerapan PSBB di DKI Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES