Ekonomi New Normal Life 2020

Sektor Kosmetik dan Skin Care Sokong Bisnis Retail di Masa Sulit

Minggu, 13 September 2020 - 08:14 | 242.42k
Customer mencoba produk kosmetik Salsa Dynamitte Lip Cream di toko retail Envio Store Surabaya, Sabtu (12/9/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Customer mencoba produk kosmetik Salsa Dynamitte Lip Cream di toko retail Envio Store Surabaya, Sabtu (12/9/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pandemi ternyata tak menyurutkan langkah bisnis retail untuk berkembang. Para investor justru optimististis melihat peluang dengan mengandalkan berbagai produk kosmetik dan skin care sebagai penyokong income terbesar. 

Salah satunya adalah Envio Store di Kawasan Rungkut, Surabaya.

Kosmetik 2

Denny Pratama selaku pemilik toko retail jenis mini market ini baru saja membuka bisnis pertamanya. Selain produk peralatan rumah tangga dan peralatan handphone, ia menggandeng sebuah perusahaan skin care, Salsa Cosmetic. 

"Membuka bisnis di tengah pandemi adalah bentuk perjuangan dan kita optimistis karena bisa melewati pandemi ini," terangnya, Sabtu (12/9/2020). 

Strategi lain yang coba ia tawarkan untuk menggaet kastamer adalah menghadirkan berbagai promo menarik dan give away mulai mingguan hingga bulanan. 

"(Promo) harus kita rubah terus secara cepat. Tujuannya agar bisa menjangkau semua kalangan," imbuhnya. 

Kosmetik 3

Eksistensi pula rupanya menjadi pertimbangan Envio Store melewati masa-masa sulit dengan penuh harapan. Targetnya tak muluk-muluk asal bisa bertahan dengan ragam inovasi dan mengikuti produk yang tengah naik daun. 

"Kita tetap eksis saja kita tetap ikuti aja promo-promo apa yang lagi ngetren apa. Misal produk Salsa yang lagi ngetren kita ikutin. Produk Salsa viral semua jadi itu yang kita tekankan," ucapnya. 

Kolaborasi Envio Store dengan Salsa Cosmetic, lanjutnya, dilatarbelakangi karena melihat pangsa produk kecantikan sebagai salah satu pasar terbesar di Indonesia. 

Selain itu, kosmetik dan skin care minim terdampak pandemi karena semakin banyak orang melakukan perawatan kecantikan saat di rumah.

Senada, Direktur PT. Alfa Viktori Familia (Salsa Cosmetics) Alvito Verick Fransen menambahkan, saat ini tren kosmetik mulai memadukan unsur kesehatan dan life style. 

Salsa berusaha membuat inovasi produk terbaru mengikuti tren agar tetap survive dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat. 

"Kita bisa lihat sendiri di sini banyak sekali barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat dan kita masuk di sini sebagai pendukung dan pelengkap alat kebutuhan kosmetik," tandasnya. 

Inovasi produk andalan terbaru Salsa antara lain adalah lip cream masker proof bernama Dynamatte Lip Cream dengan kandungan aloe vera dan vitamin E. 

"Apalagi lip cream kita memang sangat best seller kalau misal kita pakai benar-benar moist banget di bibir dan tidak menempel di masker," jelasnya.

Produk lip cream tersebut merupakan penyumbang terbesar penjualan disusul gel skin cleanser pembersih daki dan area hitam. Apalagi sebelum pandemi, penjualan lip cream ini sempat meroket karena belum ada keharusan menggunakan masker. Namun memasuki masa pandemi, Alvito mengakui jika penjualan sempat drop. 

"Maka dari itu kita selalu inovasi terus," imbuhnya. 

Alvito juga berpesan kepada seluruh business owner agar tetap semangat dan melakukan market research setiap hari untuk mempertahankan bisnis.

Selain dengan Envio Store, Salsa Cosmetic juga melakukan kolaborasi dengan influencer lokal untuk menyampaikan pesan produk kosmetik ini kepada seluruh wanita Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES