Peristiwa Internasional

Gubernur California Ijinkan Mantan Napi Menjadi Petugas Damkar

Sabtu, 12 September 2020 - 22:16 | 28.93k
Gubernur California, Gavin Newsom meninjau lokasi kebakaran hutan. (FOTO: BBC)
Gubernur California, Gavin Newsom meninjau lokasi kebakaran hutan. (FOTO: BBC)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka merekrut personel untuk membantu memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di California, Amerika, Gubernur California, Gavin Newsom mengijinkan mantan napi untuk mendaftar sebagai relawan petugas pemadam kebakaran (Damkar).

Keputusan ini ditandatangani langsung oleh Gubernur California pada hari Jumat kemarin (11/9/2020) seperti dilansir dari USA Today. Sebagaimana kita tahu California dilanda kebakaran hutan parah beberapa hari terakhir.

Kebakaran ini menghanguskan setidaknya sekitar 1,285,089 hektar hutan suaka. Hal ini mengakibatkan kematian jutaan satwa liar penghuni asli dari hutan tersebutdan membuat pra pecinta lingkungan khawatir.

Alih-alih susah mencari pekerjaan dengan status mereka sebagai mantan napi, Gubernur mengijinkan mereka untuk mendaftar sebagai relawan petugas damkar. Dengan ini, maka para mantan napi yang mendaftar akan diberi kesempatan berjuang melawan kebakaran

RUU California AB2147, mengizinkan tahanan tertentu yang berada di garis depan penahanan api untuk menghapus catatan kriminal mereka setelah menjalani hukuman penjara. Tujuannya untuk memudahkan mereka memiliki karir pemadam kebakaran setelah dibebaskan dan setelah kebakaran hutan ini selesai nanti.

"Mantan Napi yang telah berdiri di garis depan, memerangi kebakaran tidak boleh ditolak haknya untuk kemudian menjadi petugas pemadam kebakaran profesional," kata Gubernur California Newsom di akun Twitternya, Jumat (11/9/2020). (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES