Peristiwa Daerah

Prof M Amin Abdullah: Islam Indonesia Menjadi Contoh Islam di Eropa

Sabtu, 12 September 2020 - 21:56 | 174.29k
Guru Besar Ilmu Filsafat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. M. Amin Abdullah. (FOTO: Liputan Islam)
Guru Besar Ilmu Filsafat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. M. Amin Abdullah. (FOTO: Liputan Islam)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGuru Besar Ilmu Filsafat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. M. Amin Abdullah mengatakan, Islam Indonesia adalah Islam yang bisa dicontoh oleh berislamnya orang Eropa.

Hal itu dikarenakan, Islam Indonesia adalah Islam yang sangat unik atau penuh harmonis dalam menjalankan roda kehidupan. "Kalau mencontoh Islam Timur Tengah sangat sulit," katanya dalam webinar Internasional bertema Peranan Global Ulama Nusantara, Sabtu (12/9/2020).

Oleh karenanya lanjut yang juga pakar hermeneutika tersebut, Indonesia harus terus menjelaskan bahwa Islam Indonesia adalah Islam yang harmoni atau damai. Meski ada konflik, tetapi itu hanya bersifat sementara dan tidak sama dengan yang terjadi di Suriah.

"Ada konflik tapi tak berlarut seperti Suriah. Tidak terus menerus," tambahnya.

Tidak hanya itu, dalam agenda yang di moderatori oleh Imam Shamsi Ali tersebut, Prof Amin menjelaskan, bahwa setidaknya ada 4 pilar yang menyangga Wasatiyyah Islam di Indonesia.

Pertama, adanya Bhinneka Tunggal Ika. Ini lanjut dia bukan hanya semboyan belaka. Akan tetapi sudah diimplementasikan sehingga terhujudlah kebersamaan yang nyata.

"Kita memiliki modal sosial dan kultural yang luar biasa," ujarnya.

Kedua, Indonesia memiliki civilized society. Atau masyarakat yang beradab. Itu ada Karena atas sokongan seperti organisasi Islam Muhammadiyah dan NU. Ketiga, yakni negera bangsa. Ini akan terhujud, kata dia, jika kedua di atas terhujud.

Dan keempat, kata Guru Besar Ilmu Filsafat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. M. Amin Abdullah itu, yakni muncullah perguruan-perguruan tinggi agama di Indonesia. Menurutnya, lembaga ini adalah sangat memberi kontribusi besar terhadap kokohnya Islam di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES