Gaya Hidup

6 Metode Psikologis Gampang untuk Diet, Ada Warna Biru Juga!

Minggu, 13 September 2020 - 06:14 | 127.52k
Ilustrasi warna biru memepengaruhi diet anda. (Foto: freepik/benzoik)
Ilustrasi warna biru memepengaruhi diet anda. (Foto: freepik/benzoik)

TIMESINDONESIA, JAKARTADiet itu susah-susah gampang. Bahkan kadang susah bukan kepalang, terutama untuk memulainya. Biasanya dalam diet akan diikuti dengan aturan memakan makanan sehat, namun yang paling sulit adalah untuk menjadi konsisten.

Nah berikut ada beberapa trik psikologis aneh namun manjur yang bisa anda terapkan. Yuk, coba kita cek apa saja.

1. Saat anda makan di luar, selalu pilih porsi terkecil yang tersedia

Jangan karena anda sudah tahu menu apa saj yang dijual di warung makan, café atau restaurant lalu anda dengan begitu saja melewatkan waktu untuk melihat-lihat menu. Luangkan waktu anda untuk membaca menu. Pilihlah porsi terkecil yang mereka miliki atau jika anda di warung mintalah penjualnya untuk mengurangi porsi yang mereka biasa sediakan.

2. Bawalah pisang kemanapun anda pergi

Aneh? Memang. Tapi tak ada salahnya untuk dilakukan demi diet anda. Sebagaimana dilansir dari The Brighside sebuah studi yang melibatkan 3.000 relawan yang mencium pisang ketika mereka lapar menemukan bahwa nafsu makan mereka menurun dan akhirnya membuat angka timabngnan mereka bergerak ke kiri. Ajaib bukan?

3. Makan sendiri lebih baik daripada makan bersama teman

Ketika Anda mulai membuat perubahan dalam diet Anda, biasanya Anda ingin teman dan keluarga Anda membantu Anda di jalan ini. Namun, secara ilmiah terbukti bahwa orang yang makan dalam kelompok makan lebih banyak. Ini terjadi karena Anda menghabiskan lebih banyak waktu di meja dan, sebagai tambahan, saat berbicara dan tertawa Anda tidak dapat mengontrol seberapa banyak Anda makan.

4. Kekuatan warna biru

Satu penelitian terbaru menunjukkan bahwa warna biru menurunkan nafsu makan. Jadi cobalah beberapa perubahan seperti mendekorasi meja makan anda dengan taplak meja berwarna biru, serbet biru, piring biru, serta semua peralatan makan lain dengan warna serupa.

5. Makan di depan cermin

Kedengarannya gila tapi fakta ilmiah meyakinkan bahwa makan sambil melihat diri anda di cermin mengurangi jumlah makanan yang anda makan hingga sepertiga.

6. Optimis dan yakin anda bisa

Yakin dan optimis bahwa anda bisa melakukan diet anda adalah kunci untuk merubah mindset anda. Katakan pada otak anda bahwa anda sedang diet anda akan melakukannya apapun halangannya. Ucapan-ucapan positif seperti “saya hanya akan makan sesuai kebutuhan tubuh saya” atau “tubuh saya tidak memerlukan tambahan lemak” bisa menjadi mantra manjur untuk anda. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES