Peristiwa Nasional

Gubernur Jatim Khofifah Dorong Masyarakat Blitar Gunakan Produk Lokal

Sabtu, 12 September 2020 - 20:50 | 39.87k
Gubernur Jawa Timur didampingi Bupati Blitar mengunjungi pameran UMKM di Desa Rejowinangun Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Sabtu (12/9/2020). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Timur didampingi Bupati Blitar mengunjungi pameran UMKM di Desa Rejowinangun Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Sabtu (12/9/2020). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi pameran UMKM di Desa Rejowinangun Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar usai meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Srengat, Sabtu (12/9/2020). 

Di hadapan pelaku UMKM, ia mendorong masyarakat Kabupaten Blitar untuk menggunakan produk dalam negeri, terutama produk lokal.

Hal itu, menurutnya, sebagai salah satu strategi konkret pemulihan ekonomi Indonesia dari keterpurukan akibat wabah Covid-19.

"Dalam situasi pandemi seperti ini, kita mendorong pegiat UMKM untuk semakin produktif lagi. Masyarakat juga harus bangga membeli produk Indonesia, terutama produk lokal," urainya.

Khofifah mengemukakan, di masa pandemi Covid-19, salah satu pekerjaan rumah pemerintah adalah mendorong UMKM untuk terus bergerak. Di sisi lain, masyarakat juga perlu didorong untuk bangga dengan produk Indonesia khususnya produk UMKM. 

"Kita maksimalkan untuk bisa menyerap produk UMKM di Jawa Timur sehingga pergerakan ekonomi kita bisa beriringan dengan upaya menjaga kesehatan masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut, Khofifah menguraikan, produk UMKM memiliki kontribusi sebesar 54 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur. Ia berharap  produk-produk lokal dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Sehingga secara konkret dapat memutar kembali roda perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

"Salah satu produk UMKM andalan Kabupaten Blitar adalah olahan jenang, buah tangan yang digemari wisatawan. Saya rasa hal ini perlu didukung oleh pemerintah, terutama dalam hal pemasaran sehingga lebih luas lagi marketnya," paparnya.

Di tempat yang sama, Bupati Blitar Drs H Rijanto MM menyampaikan bahwa Pemkab Blitar menggaungkan Gerakan Ayo Bela dan Beli Produk Blitar untuk mendorong geliat UMKM. Pihaknya merealisasikan gerakan itu dengan menciptakan dan mempromosikan produk dengan kualitas tinggi dan bangga menggunakan produk Blitar.

"Selama pandemi Covid-19 ini kita menyalurkan bantuan sosial daerah dengan membeli produk-produk lokal. Kemudian disalurkan pada masyarakat kurang mampu," jelasnya saat mendampingi Gubernur Jatim Khofifah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES