Peristiwa Daerah

Pabrik Spare Part Sepeda Motor PT WIN di Lamongan Terbakar

Sabtu, 12 September 2020 - 14:38 | 341.85k
Pabrik PT. Win (Wira Inti Nurmala) di Jalan Raya Lamongan-Gresik KM.40 mengalami kebakaran dan sejumlah petugas pemadam kebakaran berusaha mematikan api. (12/09/2020). (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
Pabrik PT. Win (Wira Inti Nurmala) di Jalan Raya Lamongan-Gresik KM.40 mengalami kebakaran dan sejumlah petugas pemadam kebakaran berusaha mematikan api. (12/09/2020). (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANPabrik spare part sepeda motor di Jalan Raya Lamongan -Gresik KM.40, Desa Rejosari, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan Jawa Timur terbakar, Sabtu (12/9/2020). Pabrik milik PT. Wira Inti Nurmala (PT WIN) yang bersebelahan dengan Klinik Pratama Muhammadiyah Deket terbakar sekitar pukul 11.15 WIB. .

"Munculnya api bermula adanya korsluiting alat blower gudang painting bagian belakang sebelah timur berubah menjadi api sekitar pukul 11.15 WIB," ujar Mulyanto salah satu karyawan yang berhasil menyelematkan diri dari kobaran api.

Wira Inti Nurmala 3

Sebelum api membesar dan meludeskan sebagian pabrik yang memproduksi spare part kendaraan roda dua itu, Mulyanto mengaku, ada beberapa karyawan yang berusaha memadamkan api. 

"Karena alat pemadam (exhaust) yang digunakan terlalu kecil ditambah angin kencang dan beberapa bahan yan mudah terbakar. Meski karyawan berusaha memadamkan, tapi api semakin besar dan akhirnya melarikan diri dari kobaran api," katanya. 

Asap menutupi sebagian sinar matahari sehingga di sekitar pabrik mendadak gelap. Bahkan api juga membakar tinner yang ada didalam pabrik yang memiliki tiga gudang tersebut menimbulkan suara ledakan. 

"Ledakan itu dimungkinkan dari tinner yang ikut terbakar," aku Mulyanto. 

Sementara, Iptu Sri Iswati Kapolsek Deket mengaku belum tahu secara pasti penyebab kebakaran yang hampir meludeskan pabrik sebelah barat PT. Bumi Menara Internusa (BMI) Lamongan. 

"Belum tahu pastinya. Yang terpenting karyawan pabrik sudah keluar dan menyelamatkan diri semua," ucap Ipti Sri Iswati di lokasi kebakaran saat memasang police line. 

Wira Inti Nurmala 4

Iswati menyampaikan, terdapat enam mobil pemadam kebakaran dari Lamongan yang berusaha memadamkan api. 

"Ada 6 mobil PMK yang berusaha memadamkan api. Ini tadi juga ada dua petugas PLN yang membantu memutuskan kabel aliran lsitrik dengan pabrik," akunya. 

Kapolsek Deket juga mengungkapkan, belum bisa memastikan berapa jumlah kepastian kerugian yang diderita pabrik PT. WIN ini. 

Di sisi lain, salah satu warga Dusun Gajah, Desa Rejosari Kecamatan Deket, Khoiri mengira kebakaran itu hanya asap yang ditimbulkan oleh pembakaran sampah atau batang padi. 

"Tadi tak pikir, orang membakar damen (batang padi), mas. Kok terus asapnya semakin tinggi dan besar jadi ikut datang kesini (pabrik)," akunya. 

Sampai diturunkannya berita ini, sejumlah petugas pemadam kebakaran terus berusaha memadamkan api di pabrik spare part sepeda motor milik PT. WIN (Wira Inti Nurmala). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES