Peristiwa Daerah

Bonsai Terbaik se Indonesia Ramaikan Pameran Bonsai Tingkat Nasional di Ngawi

Sabtu, 12 September 2020 - 14:20 | 264.47k
Beraneka jenis tanaman bonsai dipamerkan di Ngrambe Ngawi. (Foto: Ardian Febri TH/TIMESIndonesia)
Beraneka jenis tanaman bonsai dipamerkan di Ngrambe Ngawi. (Foto: Ardian Febri TH/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Sebanyak 200 lebih tanaman bonsai dipamerkan sekaligus mengikuti kejuaraan di obyek wisata Falma's, Kecamatan Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur pada 12-16 September 2020.  Pameran bonsai  bertaraf nasional tersebut diikuti pecinta bonsai lokal dan luar daerah.

"Selain Ngawi,  peserta juga berasal dari Bondowoso, Bojonegoro, Pacitan Jakarta dan Solo," ungkap Hari, panitia dari Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Ngawi, Sabtu (12/9/2020)

Pameran Bonsai 2

Dari ajang ini diketahui ternyata penggemar dan kolektor bonsai di Ngawi cukup banyak. Mereka berasal dari berbagai profesi yang hobi merawat bonsai. Salah satu peserta pameran adalah kolektor bonsai mantan juara 2 tingkat nasional. Bonsai juara tersebut  pernah ditawar sampai ratusan juta rupiah.

"Dalam pameran ini banyak mantan juara, salah satunya juara madya tingkat nasional,” ungkap Hari.

Menurut Hari, untuk membuat tanaman bonsai indah dan unik butuh kesabaran dan ketelatenan dalam merawatnya. Karena ini, ada yang menyebut seni tanaman bonsai. 

"Maha karya dari tanaman bonsai dilihat dari cara perawatan dan keunikan merangkai dari dahan ke dahan,” jelas Hari.

Beberapa penggemar bonsai yang ditemui dalam pameran tersebut mengatakan bahwa menanam sampai merawat bonsai itu merupakan suatu hobi yang menyenangkan. Salah seorang di antaranya  adalah Eko Cahyono asal Solo.

Menurut Eko, menjadikan bonsai tanaman yang indah membutuhkan kreativitas tinggi. Penjiwaan dalam penataan bonsai juga diperlukan agar Bonsai yang ditata cantik juga perlu diimbangi dengan perawatan intensif.

"Keindahan dan bonsai memiliki nilai jual tinggi berdasarkan kreativitas," kata Eko.

Mayoritas dari peserta pameran memiliki beragam kolekai bonsai. Memang tidak semua koleksi bonsai mereka pamerkan. Namun dari keseluruhan tanaman bonsai yang dipamerkan adalah tanaman andalan para peserta.

Tanaman bonsai yang dipamerkan antara lain  santigi, law han sung, serut, anting putri dan masih banyak jenis lainnya. Penyelenggara pameran bonsai berharap kegiatan tersebut dapat mengenalkan seni edukasi bonsai. Serta menjadi langkah awal menjadikan Ngawi sebagai  kota wisata bonsai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES