Peristiwa Nasional

Fahri Hamzah: Daripada Tayangkan Acara Konyol, TV Mending Bantu Pendidikan

Sabtu, 12 September 2020 - 11:55 | 94.09k
Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah. (Grafis: Gelora for TIMES Indonesia)
Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah. (Grafis: Gelora for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Fahri Hamzah mengkritik tayangan TV selama pandemi Covid-19 yang lebih banyak menyiarkan soal omong kosong, orang tertawa tidak jelas, serta orang-orang yang berakting konyol.

Menurutnya, akan lebih baik TV membantu masyarakat memulai revolusi pendidikan, karena Menteri Pendidikan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim saat ini tengah kebingungan melaksanakan efektivitas pendidikan di tengah pandemi Covid-19.

"Ini TV menyiarkan omong kosong, orang-orang  ketawa gak jelas dan orang-orang konyol akting gak kelas. Padahal lagi rugi TV-nya, mendingan bantu rakyat memulai revolusi pendidikan," kata Fahri dalam keterangannya, Sabtu (12/9/2020).

Fahri Hamzah lantas membandingkan kualitas penyiaran TV di Tanah Air dengan negara maju. TV di negara maju, katanya, lebih menonjolkan sisi edukasi atau pendidikan. Sementara tayangan di TV Indonesia lebih banyak mengumbar aksi sadis, lucu, orang berjoget, atau kesedihan.

"Saya tuh nonton TV negara-negara maju. Memang isi-nya pendidikan semua. Tapi TV kita isinya kalau gak sadis ya lucu, atau joget, atau sedih. Pagi diajar nangis, malam diajar ketawa. Ampun deh pendidikan bangsaku! Ini kan ada Corona!" ujarnya.

Mantan Wakil Ketua DPR Periode 2014-2019 ini menilai, ada kemubaziran dalam media pendidikan Indonesia. Sebab, semua izin frekuensi pada setiap TV diberikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sehingga di tengah masa pandemi dan krisis seperti sekarang, 'revolusi mental' tetap dapat dijalankan oleh TV melalui tayangan  yang mendidik, bukan diisi hal-hal yang tidak jelas dan konyol. "Mubazir saja medium public education kita. Dan semua izin frekuensi diberikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya.

Seharusnya, Mendikbud Nadiem Makarim dalam membuat kebijakan, bisa memanfaatkan TV nasional maupun lokal untuk menyiarkan materi pembelajaran kepada peserta didik.

Untuk konten pendidikannya, kata Fahri,  dapat diambil dari YouTube atau dicari di Google. "Daring kan juga bisa pakai studio tv lokal. Ada lah caranya. Masak sih kita kehabisan akal," ujarnya.

Fahri kemudian menyoroti kebijakan Nadiem soal program kuota internet gratis hingga pembelian gadget atau gawai untuk peserta didik yang menjalani PJJ (pembelajaran jarak jauh) di masa pandemi Covid-19, dinilai tidak mendidik dan memboroskan anggaran negara.

Selaku Mendikbud, mestinya Nadiem  meminta lembaga penyiaran seperti stasiun TV untuk menyiarkan konten pendidikan hingga 50 persen.

"Pak Nadiem Makarim yang terhormat, daripada sampeyan sibuk beli gadget dan pulsa mendingan wajibkan semua TV untuk menyiarkan acara pendidikan sampai 50 persen. Layar TV sudah ada di rumah penduduk tapi siarannya alamakkkk!" tegas Fahri.

Menurut Fahri Hamzah,  mayoritas keluarga di Indonesia sudah memiliki TV daripada gadget dan kuota internet, yang bisa dimanfaatkan menjadi ruang belajar. "Ayolah cerdas dikit kenapa bikin kebijakan,"  tandas Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES