Pendidikan

Kuota Internet Gratis, 27 Juta Nomor Ponsel Telah Terdaftar di Kemendikbud RI

Sabtu, 12 September 2020 - 11:22 | 66.24k
Mendikbud RI Nadiem Makarim. (FOTO: Insertlive)
Mendikbud RI Nadiem Makarim. (FOTO: Insertlive)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hingga Jumat (11/9/2020) kemarin, setidaknya sudah 27 juta nomor ponsel calon penerima subsidi kuota internet gratis yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI).

Semua rinciannya, 21,7 juta nomor ponsel milik siswa, 2,8 juta nomor ponsel milik guru, 2,7 juta nomor ponsel milik mahasiswa dan 161 ribu nomor ponsel milik dosen.

Kemendikbud RI telah mengumumkan bahwa semua lembaga sekolah dan kampus yang telah mendaftar tersebut diberikan kesempatan untuk memverifikasi nomor-nomor ponsel sampai 15 September 2020 nanti. Hal itu dikarenakan, kebenaran nomor ponsel perlu dipastikan oleh kepala sekolah dan pimpinan perguruan tinggi.

"Dengan tujuan yakni untuk memastikan bantuan dimanfaatkan secara optimal dan tepat sasaran dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi Covid-19-19," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendikbud Muhammad Hasan Chabibi melalui keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia (12/9/2020)

Kemendikbud RI bakal menyerahkan data nomor ponsel ke operator telekomunikasi pada 15 September 2020. Bagi sekolah atau kampus yang tertinggal dalam pengisian data, maka Kemendikbud akan mengirimkan data nomor ponsel susulan kepada operator di akhir bulan.

Setelah diproses oleh operator, kuota akan dikirim ke nomor ponsel yang tercatat pertengahan September 2020. Siswa bakal menerima 35 gigabyte per bulan, guru menerima 42 gigabyte per bulan, serta mahasiswa dan dosen menerima 50 gigabyte per bulan.

Seperti yang diketahui, kuota internet gratis tersebut diberikan oleh Kemendikbud RI untuk mempermudah pelajaran jarah jauh (PJJ). Hal itu dikarenakan, pelajar jauh selama ini sangat digalaukan oleh para orang tua para siswa dan mahasiswa dikarenakan mahalnya Kuota Internet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES