Peristiwa Daerah

Dukung Keberadaan Pranatacara, Ini Kata Wakil Bupati Banjarnegara

Jumat, 11 September 2020 - 23:17 | 97.81k
Wakil Bupati Banjarnegara H Syamsudin S.Pd M.Pd. (Foto: Diskominfo Banjarnegara for TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Banjarnegara H Syamsudin S.Pd M.Pd. (Foto: Diskominfo Banjarnegara for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARAWakil Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, H Syamsudin SPd MPd membuka Sarasehan Paguyuban Pranatacara Banjarnegara (Papanbara) di Joglo Alun-alun Banjarnegara, Jumat (11/9/2020).

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin mengatakan pranatacara adalah profesi yang menuntut keahlian khusus terutama dalam penggunaan bahasa jawa. Oleh karena itu para pranatacara diharapkan benar-benar bisa menguasai dan mencerminkan nilai-nilai budaya jawa yang adiluhung.

Menurut Wabup, kemajuan zaman seperti sekarang ini budaya lokal harus terus dijaga. Pranatacara menjadi bagian dalam mempertahankan budaya jawa supaya tidak punah di tengah masyarakat.

Dia berharap para pranatacara bisa lebih kreatif dan tidak menyerah pada keadaan agar tetap eksis dan mampu menjadi agen pembangunan budaya.

Ditambahkan H Syamsudin, Pranatacara adalah bentuk kearifan lokal di tengah masyarakat dan menjadi upaya dalam merawat serta melestarikan budaya bangsa, khususnya budaya Jawa.

Wabup menilai budaya jawa memiliki nilai-nilai yang luhur. Orang jawa itu 'nggoning semu', peka akan perlambangan dan simbol.

Petuah-petuah bijak dalam budaya jawa yang penuh dengan pesan moral dan makna yang mendalam dapat diambil dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Ketua Papanbara, Haryono Gogom menyampaikan kegiatan sarasehan digelar sebagai ajang silaturahmi dan berbagi ilmu.

Tujuannya agar persaudaraan semakin erat dan anggota semakin profesional dalam mengampu berbagai acara-acara yang menggunakan tradisi jawa.

Saat ini, kata Haryono, Papanbara beranggotakan 30 orang pranatacara yang berasal dari Banjarnegara, Wonosobo dan Purbalingga.

Papanbara juga melakukan kerjasama dengan beberapa event organizer dan make up artist untuk berkolaborasi.

"Harapan kami, dengan kerjasama dengan event organizer kami dapat mempermudah dapat job dalam acara-acara yang digelar para penghajat," kata Haryono di depan Wakil Bupati Banjarnegara H Syamsudin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES