Ekonomi

Kemenhan RI Dorong Generasi Muda Perkuat Ketahanan Pangan dengan Inovasi

Jumat, 11 September 2020 - 20:14 | 65.57k
Ilustrasi olahan singkong sebagai ketahanan pangan (Foto: agrifood.id)
Ilustrasi olahan singkong sebagai ketahanan pangan (Foto: agrifood.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementrian Pertahanan atau Kemenhan RI mengingatkan pentingnya meningkatkan ketahanan pangan. Menurutnya, ketahanan pangan ini juga merupakan ketahanan nasional yang bisa dilakukan oleh generasi muda. 

Ia menjelaskan bahwa dalam sektor pangan cadangan pangan Indonesia masih dibawah negara tetangga. Pola konsumsi masyarakat sudah berubah dari semula mengkonsumsi aneka sumber karbohidrat beras, singkong, jagyung dan ubi, kini hanya beras. Bahkan, banyak juga yang makanan yang bersumber dari tepung. 

"Tantangan ketahanan pangan ini, adanya jenis makanan dari luar seperti dari Italia yakni pizza," kata INP Winata, Assus Wamenhan dalam zoominar HUT ke-42 GM FKPPI, Jumat (11/9/2020).

Ia menjelaskan pola konsumsi ini membuat kondisi pangan Indonesia juga berubah. Masyarakat merasa lebih jika mengkonsumsi makanan yang bahan makanannya pun berasal dari luar. Jika ini tidak dilakukan maka masyarakat akan kesulitan pangan. 

"Pemuda harus berperan menjadikan makanan tradisional Indonesia serta olahnya yang kekinian go global dan tuan rumah di negeranya sendiri," tambahnya. 

Ia menyampaikan para pemuda harus bisa menciptakan olahan makanan yang kekinian yang sumber bahannya dari dalam negeri, seperti singkong dan ubi.

Wianat menyampaikan pihaknya juga mengajak generasi muda untuk aktif mengkampanyekan konsumsi sumber karbohidrat dari pakan selain beras. Hal ini ditujukan agar ketahanan nasional di sektor pangan pun semakin kuat. Selain itu, Winata juga membahas sejumlah sektor lainnya, seperti farmasi, kesehatan, dan ekonomi. 

Sebelumnya, dalam zoominar HUT ke-42 GM FKPPI bertema Solid Kuat Militan bersama Pancasila, turut menghadirkan Mayjend TNI MAR Widodo DP (Aspot Mar KSAL), Brigjend TNI MAR Purnomo (Waaster Panglima TNI), Marsma TNI Nadirsyah (Waaspot Dirga KSAU), Dr Ahmad Basarah (Ketua Wantimpus GM FKPPI/Wakil Ketua MPR RI), Prof. DR. Yasonna Laoly (Wantimpus GM FKPPI/Menkumham RI),  INP Winata (Assus Wamenhan) dan Kolonel ARM Ferry TP dari Kabid Dukmin Kemenhan RI, dalam rangka menyambut HUT ke-42 GM FKPPI.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES