Peristiwa Daerah UMKM Tangguh

Bantu UMKM Terdampak Covid-19, Disperindag Sulteng Gelar Chocolate Coffe Expo

Jumat, 11 September 2020 - 20:52 | 50.70k
Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mulyono dan Kepala Disperindag Sulteng Richard A.Djanggola saat meninjau lapak pelaku IKM Chocolate Coffe Expo 2020 di Palu Grand Mall. (Foto: Sarifah Latowa/TIMES Indonesia)
Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mulyono dan Kepala Disperindag Sulteng Richard A.Djanggola saat meninjau lapak pelaku IKM Chocolate Coffe Expo 2020 di Palu Grand Mall. (Foto: Sarifah Latowa/TIMES Indonesia)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, PALUPemprov Sulteng melalui Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) menggelar Chocolate Coffe Expo 2020 untuk membantu UMKM dalam mempromosikan dan meningkatkan produktivitas serta daya saingnya dalam masa pandemi Covid-19.

Gubernur Sulteng melalui Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mulyono, membuka secara resmi Chocolate and Coffe Expo 2020 yang dilaksanakan mulai tanggal 11 September-13 September 2020 di Atrium Palu Grand Mall, Jumat, (11/9/2020).

Disperindag Sulteng 2

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi khususnya disektor IKM cokelat dan kopi Sulteng yang turut terpapar dampak pandemi Covid-19,” kata Mulyono.

Dalam kesempatan itu, Mulyono mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Disperindag Sulteng beserta mitra kerjanya atas terselenggaranya kegiatan sebagai sarana strategis dalam memasarkan produk-produk IKM ke masyarakat.

Menurutnya, salah satu bentuk dukungan Pemprov Sulteng dalam hal pengembangan potensi kakao dan kopi di Indonesia yaitu dengan meningkatkan nilai tambahnya.

Disperindag Sulteng 3

“Khusus untuk kakao sendiri di Disperindag Sulteng sudah ada UPT Rumah Cokelat yang menyediakan cokelat premium yang diolah dari biji kakao fermentasi asli dari Sulteng,” terangnya.

Cokelat premium ini dapat diolah menjadi berbagai diversifikasi produk olahan cokelat seperti cokelat bar, praline, minuman, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk biji kopi sendiri daerah Sulteng juga memiliki berbagai macam aneka biji kopi dari berbagai daerah yang mempunyai kualitas yang tidak kalah bagus dari daerah lain.

Lewat kesempatan itu, Ia mengimbau kepada para pelaku usaha yang bergerak dibidang cokelat dan kopi untuk menggunakan produk-produk lokal sehingga nantinya produk tersebut menjadi salah satu produk unggulan Sulteng yang berdaya saing di tingkat regional maupun global.

Disperindag Sulteng 4

Ia berharap pameran tematik cokelat dan kopi expo 2020 dapat membawa warna baru atau semangat baru bagi para pelaku usaha cokelat dan kopi  dalam mengembangkan produk-produknya dimasa pandemi Covid-19 dan menjadi agenda tahunan Pemrov Sulteng dalam mempromosikan salah satu komoditas/produk unggulannya melalui Disperindag Sulteng.

Sementara itu, Kepala Disperindag Sulteng Richard A.Djanggola mengatakan, maksud dan tujuan acara Chocolate Coffe Expo 2020 adalah untuk membantu UMKM cokelat dan kopi dalam mempromosikan produk-produk unggulannya sehingga dapat bersaing secara lokal maupun nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES