Politik Pilkada Serentak 2020

Jumlah Pemilih Pilbup Ngawi Berkurang, TPS Justru Bertambah

Jumat, 11 September 2020 - 20:38 | 63.59k
Ketua KPU Ngawi menyerahkan DPS Pilkada Ngawi 2020 kepada Ketua Bawaslu (Foto: Ardian Febri TH/TIMES Indonesia)
Ketua KPU Ngawi menyerahkan DPS Pilkada Ngawi 2020 kepada Ketua Bawaslu (Foto: Ardian Febri TH/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, NGAWI – Jumlah pemilih pada Pilbup Ngawi 2020 berkurang dibanding Pemilu 2019. KPU Ngawi, Jawa Timur telah menyelesaikan rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP).

Pada  DPT Pemilu 2019 jumlah pemilih di Ngawi  sebanyak 705.092 orang. Sementara pada DPHP pemutakhiran berkurang menjadi 688.545 orang. Namun jumlah TPS justru bertambah dari 1.551 pada Pemilu 2019 menjadi 1.797 TPS.

Pemilih Pilbup Ngawi 2

"Banyak faktor yang mempengaruhi berkurangnya jumlah pemilih, yang  mendominasi adalah meninggal dunia, pindah domisili dan bekerja sebagai TNI/Polri,” ungkap Ketua KPU Ngawi Prima Aquina, Jumat  (11/09/2020).

Menurut Prima, akan dilakukan uji publik DPHP selama 2 pekan sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Uji publik dilakukan untuk mendapat masukan dan koreksi jika ada pemilih yang belum terdaftar.

"DPHP akan ditempelkan di tempat strategis. Setelah uji publik, DPT akan dijadwalkan pada bulan Oktober,” ujar Prima.

Sementara Abjudin Ketua Bawaslu Ngawi menanggapi berkurangnya jumlah pemilih tersebut berharap jangan sampai ada warga yang sudah memiliki hak pilih tidak terdaftar. Demikian juga dengan warga yang sudah memenuhi syarat  sesuai ketentuan bisa mendapatkan hak pilih.

“Harapan Bawaslu warga Ngawi jangan sampai tidak bisa menyalurkan hak pilihnya dan warga yang sesuai perundangan bisa menjadi calon pemilih hendaknya bisa terakomodir,” kata Abjudin.

Setelah rapat pleno rekapitulasi DPHP dari tingkat kecamatan, KPU Ngawi menyerahkan daftar pemilih sementara Pilbup Ngawi 2020 tersebut  kepada Bawaslu Ngawi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES