Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Jubir Satgas Covid-19: PSBB Transisi DKI Berdampak Terhadap Mobilitas di Pulau Jawa

Jumat, 11 September 2020 - 18:01 | 25.06k
Jubir Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (FOTO: BNPB)
Jubir Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (FOTO: BNPB)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Transisi (PSBB Transisi) yang dilakukan DKI Jakarta berdampak terhadap kenaikan mobilitas atau pergerakan orang di Pulau Jawa.

“Jadi rupanya efek dari mobilitas penduduk karena adanya PSBB Transisi di Jakarta ternyata memiliki efek ke berbagai wilayah di Pulau Jawa,” ucap Wiku dalam diskusi Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (11/9/2020)

Berdasarkan data yang bersumber dari Facebook Data For Good - Tim Sinergi Mahadata Universitas Indonesia, terjadi peningkatan mobilitas dalam masa PSBB Transisi 31 Agustus 2020-6 September 2020 dibandingkan masa PSBB 4-10 Mei 2020.

Hal itu juga berpengaruh terhadap penambahan kasus Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali di mana per tanggal 10 September kedua wilayah itu berkontribusi terhadap 64,18 persen dari total kasus Covid-19 nasional.

Menurut Wiku, jika dilihat dari zonasi yang ada saat ini terjadi penambahan zona merah dari 65 kabupaten/kota menjadi 70 kabupaten/kota dan 230 kabupaten/kota di zona oranye naik menjadi 267 kabupaten/kota.

“Jadi terlihat bahwa aktivitas penduduk, mobilitas penduduk itu berkontribusi dalam peningkatan jumlah kasus,” ungkap Wiku, Jubir Satgas Covid-19 menyatakan, PSBB Transisi yang dilakukan DKI Jakarta berdampak terhadap kenaikan mobilitas atau pergerakan orang di Pulau Jawa.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES