Peristiwa Daerah NKRI Lawan Corona

Tagana Malut Aktif Bantu Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Jumat, 11 September 2020 - 17:18 | 60.12k
Kegiatan Tagana Malut dalam membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Foto: Dok Tagana Malut)
Kegiatan Tagana Malut dalam membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Foto: Dok Tagana Malut)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, TERNATE – Taruna Siaga Bencana Maluku Utara atau Tagana Malut turut serta berpartisipasi membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Maluku Utara (Malut),

Kadis Sosial Malut, Andrias Thomas mengatakan sebagai relawan kemanusiaan yang punya kepedulian terhadap bencana yang terjadi, peran Tagana dibawah Kementerian Sosial RI ini sangat dibutuhkan pada kondisi pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana.

"Di tengah Pandemi Covid-19 beberapa tugas yang telah dilakukan oleh Tagana diantaranya turut membantu mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan, pendampingan dan pengawasan pendistribusian bantuan-banruan Sosial, mengelola dapur umum dan penanganan psikososial," ucap Andrias kepada TIMES Indonesia, Jumat (11/9/2020).

Kegiatan Tagana Malut a

Hal senada juga Kepala Bidang Linjamsos Dinsos Malut, Zulkifli, bahwa secara proaktif melalui Forum Koordinator Maluku Utara dan kabupaten/kota serta Dinas Sosial kabupaten/kota telah melakukan aksi nyata kampanye pencegahan penyebaran virus Corona hingga ke pelosok Kelurahan/Desa.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan kata dia, meliputi bakti sosial, penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas publik dan terlibat dalam Gugus Tugas Covid-19 dalam rangka tugas kemanusiaan.

"Sampai saat ini Tagana Maluku Utara tetap memberikan sosialisasi tentang 3M, yaitu Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Memakai Masker," kata Zulkifli dikonfirmasi terpisah.

Kegiatan Tagana Malut b

Sementara, Ketua FK-Tagana Malut Achmad Baliqi menjelaskan tugas Tagana selalu siap dalam kesiapan dan kesiapsiagaan pada pra bencana dan saat bencana. Baik itu bencana alam dan non alam.

Meski begitu, menurut dia, rentang kendali masih menjadi penghambat Tagana Malut karena wilayah Maluku Utara dikelilingi oleh laut, dan sulitnya akses transportasi dan informasi untuk cepat dan tanggap mengcover informasi aktual yang terjadi. "Tapi semua itu Tagana tetap semangat dengan Motto One Comman, One Rulle, One Corps. Dimana ada bencana di situ ada Tagana," tegasnya (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES