Peristiwa Daerah

Ekskavasi Lanjutan Candi Gedog Blitar Ditargetkan Selesai Oktober

Jumat, 11 September 2020 - 17:07 | 27.34k
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Tri Iman Prasetyono. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Tri Iman Prasetyono. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Tri Iman Prasetyono, mengatakan bahwa Pemkot Blitar menargetkan ekskavasi kembali Candi Gedog selesai pada  bulan Oktober mendatang. 

Pemkot Blitar pun menurutnya, sudah menganggarkan dana senilai Rp 125 juta untuk penanganan candi yang terletak di Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan itu. 

"Kami masih menunggu kabar lebih lanjut dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. Mudah-mudahan cepat selesai. Ini juga masyarakat antusias untuk membantu," kata Tri Iman, Jumat (11/09/2020). 

Tri Iman mengemukakan, beberapa waktu lalu warga kembali menemukan susunan batu bata yang terstruktur di lokasi candi Gedog. Itu setelah warga dengan swadaya kerja bakti membersihkan sekitar lokasi candi.

"Kami dan warga siap untuk membantu. Dengan berkoordinasi dengan yang berwenang tentunya," ujarnya.

Menurut Tri Iman, Saat ini pihaknya sedang mengatur jadwal pertemuan dengan BPCB Jawa Timur. Pertemuan itu dalam rangka koordinasi rencana ekskavasi lanjutan.

 "Kalau untuk ekskavasi lanjutan waktunya atau pengerjaannya cukup lama.Tetapi yang jelas ekskavasi ini bakal berlanjut. Kami targetkan Oktober selesai," jelas Tri Iman.

Harapannya, lanjut Tri, dengan ekskavasi itu setidaknya menjadi momen bersejarah di Kota Blitar. Pasalnya jika memang sudah kelar,  Menurut Tri Iman, Kota Blitar akan memiliki aset cagar alam jika memang ekskavasi candi Gedog telah selesai.

Ekskavasi itu akan menjadi momen bersejarah di Kota Blitar. "Candi Gedog akan kita lestarikan, dengan harapan akan menambah destinasi sejarah di Kota Blitar," urai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkot Blitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES