Pemerintahan

Menkumham RI: GM FKPPI Harus Berperan Aktif Tingkatkan Kesadaran Hukum

Jumat, 11 September 2020 - 16:52 | 51.58k
Menkumham RI Yasonna H Laoly dalam webinar nasional HUT ke-42 GM FKPPI, Jumat (11/9/2020), (foto: Tangkapan Layar)
Menkumham RI Yasonna H Laoly dalam webinar nasional HUT ke-42 GM FKPPI, Jumat (11/9/2020), (foto: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenkumham RI Yasonna H Laoly menyampaikan bahwa pemuda memiliki peran penting dalam membangun kesadaran hukum nasional di era globalisasi. Menurutnya, generasi muda selalu memiliki peran penting dalam membangun bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Yasonna meminta GM FKKPI untuk berperan aktif dalam kesadaran hukum dan masyarakat. 

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang dibangun dengan jiwa yang optimis," tegas Yasonna dalam webinar nasional HUT ke-42 GM FKPPI, Jumat (11/9/2020). 

Yasonna menyampaikan Indonesia disatukan dengan perbedaan yaitu Bhineka Tunggal Ika. Hal ini juga yang dituangkan lewat deklarasi Sumpah Pemuda pada 28 oktober 1928. Untuk itu Yasonna mengajak kepada generasi muda agar meninggalkan sekat-sekat kesukuannya daan melihat indonesia sebagai bangsa yang besar yang nerupakan milik kita semua dari Sabang sampai Merauke.

"Bangsa ini harus kita jaga bersama dengan cara menjaga meningkatkan kesadaran hukum dan menjaga ideologi Pancasila," kata Yasonna. 

Ia mengatakan bahwa hukum bersifat dinamis dan hadir untuk membantu masyarakat. 

Menkumham RI juga mengajak GM FKPPI untuk ikut serta dalam merekat bangsa. Ia berpesan pada seluruh anggota GM FKPPI untuk meningkatkan kesadaran hukum dan menerapkannya. 

"Saya berpesan pada GM FKPPI meningkatkan kesadaran hukum dan mendorong petumbuhan ekonomi, dengan hadir langsung di masyarakat," katanya. 

Ia menyampaikan cara yang mudah dan bisa dilakukan yakni dengan melakukan edukasi penerapan protokol kesehatan. Ia menjelaskan hal itu bisa dilakukan dengan mencuci tangan, pakai masker, dan selalu menjaga jarak. Upaya ini bisa dilakukan untuk memperlambat penyebaran pandemi hingga ditemukan vaksinnya. 

Yasonna juga mengingatkan para generasi muda untuk tetap menjaga budi pekerti luhur bangsa. Generasi muda saat ini sangat rentan terpengaruh dengan budaya luar, oleh karena itu dibutuhkan bentang atau pun penguatan untuk memperkuat budi pekerti luhur bangsa. 

Selain itu berperan aktif dalam kesadaran hukum dan masyarakat, Menkumham RI Yasonna H Laoly juga menegaskan pada GM FKPPI untuk turut bergerak menjaga kedaulatan dan ideologi bangsa Indonesia, Pancasila. Ia mengatakan hal itu bisa dilakukan dengan turut berperan serta dalam membangun bangsa. Melalui peningkatan kesadaran hukum masyarakat, agar tetap setia dan taat pada dsar negara dan konstitusi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES