Olahraga

Resmi Tangani Persija Jakarta, Inilah Fakta Menarik Coach Sudirman

Jumat, 11 September 2020 - 15:45 | 219.05k
Pelatih Kepala Persija Jakarta, Coach Sudirman (foto: Dokumen/Persija Jakarta)
Pelatih Kepala Persija Jakarta, Coach Sudirman (foto: Dokumen/Persija Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Manajemen Persija Jakarta menunjuk asisten pelatih Sudirman untuk menggantikan Sergio Farias sebagai pelatih kepala tim utama mulai Kamis 10 September 2020. Sergio Farias harus kembali ke Brasil karena anaknya positif Covid-19 dan kedua pihak memastikan kerja sama berakhir.

Ditunjuknya Sudirman untuk memimpin skuad Macan Kemayoran bukan tanpa pertimbangan. Sudirman diserahkan mandat menjadi pelatih kepala karena dianggap berpengalaman dan memiliki kemampuan untuk posisi tersebut.Berikut fakta-fakta menarik mengenai Sudirman, pelatih Persija Jakarta.

1. Reputasi Sebagai Pemain

Dahulu semasa bermain, Sudirman bukan pemain yang biasa-biasa saja. Perannya bagi Timnas Indonesia bahkan pernah sampai membuatnya dipercayakan jabatan kapten tim. Perannya dahulu di Timnas Indonesia memang sungguh krusial. Ia pernah menjadi kapten tim dan tulang punggung kekuatan Timnas Indonesia. Bahkan, prestasi yang berhasil disumbangkan Sudirman untuk Timnas Indonesia sungguh menakjubkan. Ia berhasil membawa Timnas Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 1991 silam di Manila.

2. Pengalaman Melatih

Reputasinya sebagai pelatih ternyata sudah mengudara cukup lama di kancah persepakbolaan Indonesia. Sudirman pun pernah pengalaman melatih tim-tim muda. Sudirman pernah menjadi asisten pelatih untuk Timnas Indonesia U-16 pada 2006 silam. Setahun berikutnya, ia naik tingkat dengan menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-19.

3. Kisah Sukses

Ia juga pernah sukses menangani tim Persija Jakarta U-19 di 2018. Saat itu the Young Tiger dibawanya hingga partai final Liga 1 U-19. Setahun kemudian ketika menangani Persija U-20 ia timnya tidak terkalahkan selama babak penyisihan Grup A Liga 1 U-20. Hal ini yang membuatnya diangkat menjadi asisten pelatih di tahun 2019.

4. Faktor Kedekatan

Sudirman dinilai mempunyai nilai lebih seperti pengalaman, kepemimpinan, dan kedekatan dengan para pemain Persija. Lelaki asal Pekanbaru itu sudah menjadi asisten pelatih Persija sejak era Benny Dolo, Iwan Setiawan, hingga pada musim 2019 lalu mendampingi Edson Tavares.

5. Bukan Nama Asing di Persija

Sudirman pernah menjadi pelatih kepala Persija pada tahun 2019 ketika tim berjuluk Macan Kemayoran belum memiliki pelatih tetap sepeninggal Julio Banuelos. Ketika itu, debut dia membawa Persija menang 1-0 atas Barito Putera di Liga 1.

Jadi perlu dinanti apakah keputusan Persija Jakarta sudah tepat untuk menunjuk Sudirman menangani tim Macan Kemayoran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES