Ekonomi

Singapore Airlines  Umumkan PHK 4300 Karyawan

Jumat, 11 September 2020 - 05:55 | 109.90k
Singapore Airlines mengumumkan mem-PHK 4300 karyawannya sebagai dampak pandemi Covid-19. (FOTO:Reuters)
Singapore Airlines mengumumkan mem-PHK 4300 karyawannya sebagai dampak pandemi Covid-19. (FOTO:Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTASingapore Airlines (SIA) memangkas 4.300 karyawannya di seluruh maskapai penerbangannya karena dampak pandemi Covid-19.

Pengumuman SIA disampaikan secara virtual dari balai kota pada Kamis (10/9/2020). Dalam pernyaaannya, Grup Singapore Airlines (SIA) menyebut ini adalah keputusan sulit setelah memperhitungkan pembekuan rekrutmen, pengurangan alami dan penerapan skema keberangkatan sukarela.

Akibat lain adalah staf potensial yang terkena dampak tinggal menjadi sekitar 2.400 di Singapura dan di stasiun luar negeri.

"Keputusan ini diambil dan paling menyakitkan. Karena, ini kali pertama terjadi setelah 30 tahun SIA berjalan. Jalan masih panjang menuju pemulihan industri penerbangan karena dampak pandemi yang melemahkan, dan kebutuhan mendesak maskapai penerbangan grup untuk beradaptasi dengan masa depan yang tidak pasti," kata CEO Singapore Airlines, Goh Choon Phong seperti dilansir The Strait Times.

Phong mengatakan, bahwa grup mengharapkan untuk beroperasi kurang dari 50 persen dari kapasitasnya pada akhir tahun keuangan pada Maret tahun depan, dibandingkan dengan level sebelum pandemi Covid-19.

“Dibandingkan dengan kebanyakan maskapai besar di dunia, Grup SIA berada dalam posisi yang lebih rentan karena tidak memiliki pasar domestik yang akan menjadi yang pertama saat pemulihan,” tambahnya.

Agar tetap bisa bertahan dalam lanskap yang tidak pasti ini, SIA akan mengoperasikan armada yang lebih kecil untuk jaringan yang lebih sedikit di tahun-tahun mendatang

Goh Choon Phong mengatakan selama ini SIA telah bekerja dengan serikat pekerja yang berbasis di Singapura untuk menyelesaikan pengaturan staf yang terkena dampak dan untuk meminimalkan stres dan kecemasan bagi mereka.

“Untuk kolega kami yang terkena dampak, ketahuilah bahwa ini bukan cerminan dari kekuatan dan kemampuan individu anda, tapi ini adalah hasil kelumpuhan perjalanan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disebabkan oleh pandemi global," ujarnya.

Ia juga meyakinkan bahwa SIA akan melakukan proses dengan cara yang adil dan penuh hormat, dan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa karyawannya akan menerima semua tunjangan yang diperlukan selama masa sulit ini.

Goh Choon Phong juga meminta para stafnya untuk  bersatu bersama untuk melewati masa sulit ini setelah mengumumkan bahwa Singapore Airlines (SIA) akan mem-PHK 4.300 karyawannya di seluruh maskapai penerbangannya karena dampak pandemi Covid-19. (*)

Edisi-Jumat-11-September-2020-Singapore-Airliness.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES