Pendidikan

Gaya Kepemimpinan Wanita Ala Rektor Universitas Gajayana Malang, Prof Dr Dyah Sawitri

Kamis, 10 September 2020 - 20:05 | 115.18k
Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E, M.M selaku Rektor Universitas Gajayana Malang pada acara Ngobrol Pakar Inspiratif (NGOPI) Bareng Ana Sopiah. (Foto: Youtube Insipire Media TV)
Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E, M.M selaku Rektor Universitas Gajayana Malang pada acara Ngobrol Pakar Inspiratif (NGOPI) Bareng Ana Sopiah. (Foto: Youtube Insipire Media TV)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rektor Universitas Gajayana Malang, Prof Dr Dyah Sawitri, SE, MM hadir sebagai narasumber dalam acara Ngobrol Pakar Inspiratif (NGOPI) Bareng Ana Sopiah pada Rabu (9/9/2020). Pembahasan menarik pada acara tersebut terkait dengan kepemimpinan wanita masa kini.

"Dahulu juga kita mengenal Kartini sebagai seorang pemimpin wanita yang patut dicontoh. Jadi, wanita memang dari dahulu sudah memiliki hakikat untuk memimpin," ujar Dyah

Menurutnya, semua orang memiliki kemampuan jiwa kepemimpinan. Tuhan memberikan kesempatan kepada laki-laki maupun perempuan sebagai pemimpin. Selain itu, gaya pemimpinan antara laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan.

"Fokus pemimpin wanita terletak pada berpikir dengan hati. Di mana wanita selalu hati-hati, penuh hati, dan tidak sesuka hati," ujarnya

Karakter dari seorang pemimpin adalah komitmen, bertanggung jawab, dan mengimplementasikan sikap maupun tutur kata yang baik.

"Filosofi seorang pemimpin yaitu Ing Ngarsi Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, dan Tutwuri Handayani. Salah satunya, seorang pemimpin seperti Ki Hajar Dewantara," katanya

Prof Dr Dyah Sawitri, SE, MM selaku Rektor Universitas Gajayana Malang menyampaikan rasa bangganya kepada Ki Hajar Dewantara. Menurutnya, Bapak Pendidikan tersebut patut sebagai acuan bagi seseorang untuk menjadi seorang pemimpin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES