Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Bazar Jumat, Cara Jitu Mahasiswa KKN Unisma Gerakkan Perekonomian Desa

Kamis, 10 September 2020 - 13:09 | 84.30k
Kegiatan Bazar Jumat yang digelar oleh Mahasiswa KKN Unisma Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan Bazar Jumat yang digelar oleh Mahasiswa KKN Unisma Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kelompok 62 KKN Unisma Malang dilaksanakan di Desa Tawangsari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Desa ini salah satu desa yang kental dengan ajaran NU. Desa ini juga disebut sebagai kampung santri karena mayoritas penduduknya lebih memilih untuk menempuh pendidikan di pondok. Hal ini telah menjadi identitas desa di masyarakat, sehingga warga tetap saling mendukung untuk mempertahankan identitas tersebut.

Penduduk Desa Tawangsari mayoritas berprofesi sebagai petani. Mengingat, banyaknya lahan pertanian di desa ini. Mulai dari sayur hingga buah-buahan. Tanah di Desa Tawangsari memang sangat mendukung petani sayur dan buah untuk mengembangkan hasil panennya. Namun, karena adanya bencana yang tidak terduga seperti wabah Covid-19 saat ini, maka petani sayur di Desa Tawangsari hampeir mengalami gulung tikar karena anjloknya harga panen sayur. Sebagai contoh adalah harga sawi putih yang hanya dihargai Rp.500/ Kg.

Berdasarkan kondisi di Desa Tawangsari tersebut, Mahasiswa KKN Universitas Islam Malang berinisiatif untuk mengembangkan potensi di desa ini dengan menggalakkan program “Bazar Jumat”. Seperti namanya, program ini hanya digelar setiap hari Jumat saja.

Tujuan didirikannya program Bazar Jumat adalah untuk mengoptimalkan produk olahan warga desa dengan menyediakan pasar bagi produsen tersebut. Bazar Jumat ini secara resmi didirikan pada Jumat (7/8). Peresmian ini dilahadiri oleh Kepala Desa beserta jajarannya dan Ketua Ikatan Sarjana Nadhatul Ulama. Setelah program ini diresmikan, berkat dukungan dan antusias partisipasi warga program Bazar Jumat ini dapat berjalan dengan lancar.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Produk yang di tawarkan pada Bazar Jumat bermacam-macam sesuai dengan kreasi warga desa. Mulai dari pakaian, aksesoris, makanan, dan minuman tersedia di sini. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga usia dewasa turut meramaikan Bazar Jumat ini. Jam operasional Bazar Jumat di mulai dari pukul 13.00 WIB – 21.00 WIB. Seiring berjalanya waktu, pasar ini semakin ramai oleh pengunjung. Tidak hanya itu saja, warga desa yang ingin berpartisipasi untuk menjajakan produknya juga semakin bertambah.

Bazar Jumat yang diinisiasi oleh mahasiswa Unisma Malang ini terbukti mampu menggerakkan roda perekonomian warga setempat. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Mahasiswa KKN Kelompok 62 Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES