Peristiwa Nasional

Terima Penghargaan dari Menpora RI, Ini Harapan Wali Kota Semarang

Kamis, 10 September 2020 - 19:01 | 48.82k
Wali kota Semarang, Hendi bersama Menpora. (FOTO: Humas)
Wali kota Semarang, Hendi bersama Menpora. (FOTO: Humas)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerima Penghargaan Satya Lencana Dharma Olahraga dari Menpora RI, Zainudin Amali pada Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2020 di GOR POPKI Cibubur Kamis (9/9/2020) malam.

Menerima anugerah tersebut bersama 34 insan olahraga di Indonesia, Wali Kota yang akrab disapa Hendi juga didapuk sebagai Pembina Olahraga Berprestasi Nasional 2020, pada kategori Penggerak Olahraga Masyarakat.

Wali Kota Semarang menpora 2

Menerima penghargaan langsung dari Menpora RI dan disaksikan Presiden Joko Widodo yang hadir secara virtual, Hendi pun menyatakan rasa bangganya. Tak lupa dirinya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perkembangan olahraga di Kota Semarang.

Menurutnya, capaian positif ini merupakan buah dari kerja keras semua pihak. Baik dari dinas terkait, KONI, para atlet, official team, komunitas olah raga, pihak swasta, dan masyarakat Kota Semarang.

"Yang dengan berbagai dukungan dan kontribusinya mampu memajukan sektor olah raga di Kota Semarang," ujar Hendi saat memberikan kesannya setelah menerima penghargaan tersebut pada Kamis (10/9/2020).

Hendi yang hadir secara langsung dalam gelaran itu juga menjadi satu-satunya kepala daerah setingkat bupati/wali kota yang mendapatkan penghargaan malam itu. Ia berharap walaupun masih dalam situasi pandemi, industri olahraga bisa bangkit dan berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi.

"Dalam masa pandemi saat ini, event olahraga memang sedang berhenti, namun aktifitas berolahraga harus terus dilakukan, untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Harapan ke depan tentu industri olahraga dapat kembali bangkit di Indonesia, khususnya Kota Semarang," ujar Wali Kota Semarang tersebut.

Wali Kota Semarang menpora 3

Adapun terpilihnya Hendi untuk menerima penghargaan tersebut didsasari oleh sejumlah indikator. Antara lain adanya regulasi yang mengatur tentang keolahragaan di Kota Semarang yaitu Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Selain itu Hendi juga dinilai memiliki komitmen dan keseriusan tinggi dengan mengalokasikan anggaran cukup besar untuk pembinaan olahraga di kota Semarang, termasuk guna membangun sarana prasarana olahraga bertaraf internasional, sebut saja Stadion Citarum yang saat ini memiliki rumput sintetis berstandar FIFA serta GOR Tri Lomba Juang dengan lintasan lari karet sintetis.

Selama kepemimpinannya, Hendi tidak hanya dinilai fokus pada pembangunan fisik saja, namun pihaknya juga memprioritaskan pada pengembangan kemajuan dunia olah raga di Kota Semarang.

Dirinya dianggap berhasil membuat Semarang menjadi Sport City. Hal itu nampak dari masifnya pembangunan infrastruktur olah raga di Kota Semarang, dengan adanya pembangunan lapangan olah raga di tiap kecamatan, penyediaan lapangan futsal sintetis di beberapa titik kecamatan, hingga pembangunan sirkuit Mijen.

Selain itu, suksesnya Kota Semarang menggelar berbagai event olahraga, dari mulai tingkat nasional hingga internasional juga menjadi point penilaian penting. Sejumlah event seperti Tugu Muda Race, Semarang 10K, MXGP, hingga Asean School Games, dinilai berhasil menumbuhkan perekonomian dengan menarik minat wisatawan.

Hendi dianggap mampu membangun olahraga sebagai sebuah industri, dengan berbagai inisiasinya menyelenggarakan event olahraga dengan kemasan Sport Tourism. Dengan upanya tersebut, masyarakat pun menjadi lebih tertarik pada dunia olahraga, dan memacu kesadaran masyarakat untuk lebih sadar berolahraga.

Selain Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, sederet tokoh hadir sebagai penerima penghargaan dari Menpora RI dalam peringatan HAORNAS kali ini, di antaranya Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Jurnalis Senior Suryopratomo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES