Pendidikan

Melatih Logika Siswa SMA se-Indonesia, UK Petra Kembali Gelar IRGL 2020

Kamis, 10 September 2020 - 18:31 | 89.53k
Saat IRGL 2020 digelar (Foto: tangkapan layar Zoom Meeting)
Saat IRGL 2020 digelar (Foto: tangkapan layar Zoom Meeting)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Belajar logika sangat dibutuhkan, sebab akan membuat kita dapat berpikir secara rasional, kritis dan objektif. Agar tidak membosankan dan terasa berat, belajar logika butuh fun. Untuk itu Universitas Kristen atau UK Petra kembali menggelar IRGL (Informatics Rally Games and Logic) 2020.

Alexander Setiawan, SKom, MT selaku dosen Pembina IRGL 2020 mengatakan even kali ini berhasil menjaring peserta hingga 85 kelompok dengan dua hingga tiga siswa tiap kelompoknya.

IRGL 2020 2

"Jadi kurang lebih 241 siswa SMA jumlahnya mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Waingapu, Jember, Malang, Samarinda, DKI Jakarta, Tasikmalaya, Bandung, Denpasar hingga Banda Aceh," ungkapnya, Kamis (10/9/2020).

Kompetisi tahunan yang digelar selama tiga hari berturut-turut ini diusung oleh Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Bisnis (SIB) UK Petra. Henry Wicaksono selaku ketua panitia menambahkan, mengusung tema Thrones Of The Phoenix.

"Kami ingin peserta IRGL 2020 belajar seperti burung phoenix yang bukan tidak bisa mati, kita juga bukan tidak boleh gagal. Kita boleh gagal, tapi seperti sang phoenix yang selalu bangkit, kita juga tidak boleh lupa untuk bangkit kembali," katanya.

Masa pandemi, membuat seluruh pengerjaan soal dilakukan melalui website IRGL 2020. Kompetisi ini akan dicari 20 tim dengan nilai tertinggi untuk melaju ke babak penyisihan. Para peserta diminta mengerjakan babak penyisihan berupa soal-soal pilihan ganda dengan materi berupa soal-soal berbasis logika dan matematika.

20 tim yang berhasil lolos dari babak penyisihan akan mengerjakan babak semifinal berupa game-game dan puzzle logika yang dikemas dengan sistem pooling.

Nama-nama game-nya antara lain Dog Bowls, Blood and Cells, Greater and Less, Monochrome, Gymnastics, Number Circles, Which is Which, Self - Referencing Puzzle, Connections, Mirrors.

Penilaiannya melihat dari skor akhir, waktu, Jumlah game yang diselesaikan dan jumlah jawaban salah. Enam tim dengan nilai tertinggi pada babak semifinal akan melaju ke babak final.

"Sistem game hari ini bukan game kecil akan tetapi escape room secara keseluruhan, di mana para peserta nanti keliling escape room untuk mengumpulkan clue yang tersedia untuk menyelesaikan tantangan yang ada di dalam escape room nya," rinci Alex.

Akan ada enam lantai yang harus diselesaikan. Perhitungannya berdasarkan poin yang didapat dari menyelesaikan tantangan di escape roomnya, level (lantai) yang diselesaikan, dan waktunya diperhitungkan semua. Batas waktu mengerjakan game final adalah 110 menit.

Ketiga tim dengan nilai tertinggi akan keluar sebagai juara I, II, dan III IRGL 2020 yang digelar UK Petra ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES